Nelayan Desa Pesinggahan, Sampaikan Keluh Kesahnya ke Polda Bali

foto minggu kasih polda bali, sumber foto: sumber resmo polda bali
foto minggu kasih polda bali, sumber foto: sumber resmo polda bali

KLUNGKUNG Nelayan di Pantai Mekar, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali sampaikan keluh kesahnya terkait jaring penangkap ikannya yang kerap rusak kepada Ditpolairud Polda Bali. Hal tersebut mereka sampaikan saat acara program Minggu Kasih yang digelar oleh Polda Bali.

 

“Terkait dengan penangkapan ikan dimana selama ini jaring kami sering mengalami kerusakan akibat ditabrak oleh kapal-kapal yang lewat serta kami mendapatkan ganti rugi yang tidak sesuai,” ungkap ketua kelompok nelayan kepada Dirpolairud Polda Bali, Minggu, (3/9/2023).

 

Selain mengeluh soal jaring yang rusak, para nelayan juga mengeluh soal kesulitan mendapatkan bahan bakar minyak (BBM). Mereka berharap, ada subsidi BBM kepada para nelayan di Pantai Mekar, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali.

 

“Adapun juga yang kami tanyakan terkait pembelian BBM yang sangat sulit dan tidak sesuai dengan kebutuhan para nelayan, Kami harapkan juga BBM dapat disubsidi untuk kami” harapnya.

 

Menanggapi keluh kesah nelayan jaringnya yang kerap rusak, Dirpolairud Polda Bali, Kombes Pol. Ponadi mengatakan perlu memasang tanda-tanda di seputar tempat menebar jaring. Sehingga, boat yang akan melintas di seputar Pantai Mekar tak masuk ke area penebaran jaring.

 

Selain itu, Kombes Pol. Ponadi mengaku keluhan ini akan disampaikannya ketika menggelar rapat dengan Asosiasi Nelayan Sungai Indonesia (ANSI). Soal BBM subsidi untuk nelayan yang sifatnya terbatas, Dirpolairud Polda Bali menilai perlu adanya surat rekomendasi dari aparatur desa setempat.

 

“Perlunya dipasangnya tanda-tanda, menentukan jalur-jalur atau pembatas areal pemasangan jaring oleh nelayan dan nantinya masalah tersebut akan kami sampaikan pada saat ada rapat ANSI untuk ditindaklanjuti” ujarnya.

 

Sekadar informasi, Selain mendengar keluhan nelayan, kegiatan Minggu Kasih di Pantai Mekar, Desa Pesinggahan, Keacamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali itu juga dirangkai dengan peletakan prasasti di Balai Kelompok Nelayan Segara Mekar dan pembagian sembako kepada warga sekitar.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *