Dua Desa di Malut Dibangunkan Penyediaan Air Bersih

Ilustrasi Air Bersih, Sumber Foto: freepik
Ilustrasi Air Bersih, Sumber Foto: freepik

HALMAHERA SELATANDinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Maluku Utara melalui Bidang Cipta Karya, telah membangun Sistem Penyediaan Air Bersih. Pembangunan itu bertujuan memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat dua desa di Halmahera Selatan.

 

“Ya, pembangunan SPAM di Wayaua (Kecamatan Bacan Timur Selatan) dan SPAM Indong (Kecamatan Mandioli Utara) sudah seratus persen,” ujar Kepala Bidang Cipta Karya, Dinas PUPR Provinsi Maluku Utara, Sofyan Kamarullah, Senin (4/9/2023).

 

Diketahui, kebutuhan anggarannya, masing-masing desa, sebesar Rp 800 juta rupiah. Namun, meski pekerjaannya sudah selesai, proses pencairan anggaran belum dilakukan secara menyeluruh.

 

“Pekerjaan sudah seratus persen, tapi prosa keuangannya masih uang muka,” ucapnya.

 

Sofyan menambahkan, selain dua desa yang disebutkan tadi, pekerjaan konstruksi SPAM juga dilakukan di daerah Sofifi, Kota Tidore Kepulauan. Khusus daerah Sofifi ini, kata dia, mengenai perbaikan SPAM, dan baru berkontrak dua minggu lalu.

 

“SPAM Sofifi sekarang kami lagi menunggu pengiriman material. Jadi nanti akan berakhir pada bulan Desember,” terangnya.

 

Ia menjelaskan, untuk nilai pagunya, mencapai Rp 2,7 miliar lebih. Yang mana anggaran tersebut diambilkan dari dana APBD tahun 2023.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *