79 Desa di Kapuas Hulu Telah Berstatus Mandiri

79 Desa di Kapuas Hulu Telah Berstatus Mandiri. Sumber foto: kapuashulukab.go.id
79 Desa di Kapuas Hulu Telah Berstatus Mandiri. Sumber foto: kapuashulukab.go.id

KAPUAS HULUBupati Kapuas Hulu Francis Diaan mengatakan, jumlah desa berstatus mandiri di Kapuas Hulu bertambah. Target semula 43 desa sekarang menjadi 79 desa mandiri.

 

 

“Kapuas Hulu sudah terbebas dari status desa sangat tertinggal jumlah desa mandiri bahkan semakin bertambah,” kata Fransiskus Diaan, Senin (4/09/2023).

 

 

Fransiskus mengatakan, pada tahun 2020 sebanyak 278 desa di Kapuas Hulu tidak lagi berstatus desa tertinggal. Pada tahun 2023 sudah tidak ada desa yang berstatus desa tertinggal.

 

 

Menurut dia, capaian status desa di Kapuas Hulu pada tahun 2023 sebanyak 103 desa, 96 desa maju, dan 79 desa mandiri. Peningkatan jumlah desa mandiri melebihi ekspektasi dengan target 43 desa sehingga menghasilkan 78 desa mandiri.

 

 

percepatan status desa itu selaras dengan salah satu misi Kabupaten Kapuas Hulu yaitu mewujudkan Kapuas Hulu yang kreatif menuju desa mandiri, pengembangan ekonomi yang adil dan ramah investasi. Kepala desa terus berlomba untuk mengembangkan desanya hingga meraih status desa mandiri.

 

 

Dikatakannya pada tahun 2022, tidak kurang dari 53 desa mandiri telah mendapatkan penghargaan. Pengahrgaan diperoleh dari Pemerintah Daerah Kalimantan Barat serta lencana dan sertifikat dari Menteri Pembangunan Perkotaan, Pembangunan Perdesaan dan Migrasi.

 

 

Sebagai informasi, penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu bagi desa berstatus desa mandiri berupa penambahan alokasi dana desa yang besarannya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah (APBD) dengan jumlah sebesar Rp20 juta per desa pada Tahun 2022.

 

 

 

Penulis: Devi arp
Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *