Laznas Dewan Da’wah Distribusikan Bantuan Air Bersih

NTB – Truk tangki air Laznas Dewan Da’wah aktif mendistribusikan bantuan air bersih kepada masyarakat desa yang kesulitan air bersih di Kabupaten Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Truk tangki air yang dioperasikan oleh para da’i Laznas Dewan Dakwah NTB itu mendistribusikan air bersih dengan muatan 5000 liter per hari.

 

“Setiap harinya, laznas dewan dakwah NTB mendistribusikan air bersih hingga 5 tangki atau 25.000 liter/hari,” kata salah satu da’i Dewan Da’wah NTB, Suryadi, Minggu, (03/9/2023).

 

Ia menjelaskan, paska gempa tektonik yang meluluhlantakkan Lombok pada 2018 lalu, air bersih menjadi sulit didapatkan, sehingga warga harus membeli air hanya untuk sekadar minum, dan mandi. Padahal, selain harga air yang lumayan mahal, mayoritas masyarakat adalah warga dhuafa dan kurang mampu.

 

“Salah satu kendala yang menyebabkan kekeringan air bersih dikarenakan saluran mata air tersumbat sejak gempa (tahun 2018) dan selama ini masyarakat harus membeli air 150.000/tengki. Adapun pembuatan sumur bor di sekitar desa masih belum bisa dilaksanakan karena kondisi tanah yang berbatuan,” katanya

 

Beberapa titik yang menerima air bersih adalah Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Desa Sambik Elen, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Menurutnya, bulan Juni lalu, truk tangki air Laznas Dewan Da’wah mendistribusikan ke wilayah terdampak kekeringan parah, yakni Dusun Iting dan Dusun Gunung Rawi selama dua hari dengan 50.000 liter air bersih yang didistribusikan untuk 500 KK.

 

“Alhamdulillah, 500-an kepala keluarga mendapat manfaat air bersih dan jumlah air yang disalurkan mencapai 50.000 liter selama dua hari,” ungkapnya.

 

Sekadar infotmasi, truk tangki air ini merupakan bantuan dari para donatur Laznas Dewan Da’wah yang telah beroperasi sejak 2018 untuk mendistribusikan air bersih secara gratis. Laznas juga membuka donatur untuk terus mendukung program bantuan distribusi air bersih dengan infak atau sedekah untuk kebutuhan air bersih dan perawatan truk.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *