Site icon Kolom Desa

74 Cakades di Magetan Deklarasi Pilkades Damai

MAGETAN – Sejumlah 74 calon kepala desa (Cakades) dari 30 desa di Kabupaten Magetan menandatangani deklarasi damai pelaksanaan pilkades serentak 2023 mendatang. Deklarasi yang difasilitasi Pemerintah Kabupaten Magetan itu ditandai dengan pembubuhan tanda tangan dalam berita acara deklarasi serta di atas spanduk yang juga diteken oleh semua unsur forum pimpinan kepala daerah di Magetan.

 

“Deklarasi ini sebagai komitmen bersama bahwa pilkades yang akan dilaksanakan pada 12 September 2023 berjalan damai, utamanya pada calon kepala desa, mulai masa kampanye hingga pelaksanaan,” kata Bupati Magetan Suprawoto, Jum’at (1/9/2023).

 

Suprawoto berpesan agar pilkades digelar dengan aman, tertib, dan bertanggung jawab. Apabila terjadi perselisihan, ia erharap sengketa diselesaikan melalui mekanisme yang ada termasuk jika harus masuk ke ranah hukum.

 

“Pilkades serentak 2023 di Magetan akan berlangsung dengan sistem electronic voting (e-voting),” ujarnya.

 

Menurutnya, sistem e-voting yang diberlakukan dapat mengurangi berbagai risiko yang mungkin terjadi. Seperti menekan kecurangan dan meningkatkan partisipasi masyarakat.

 

“Sistem e-voting lebih sederhana, karena identitas kependudukan sudah digital. Teknologi tidak hanya efisien, namun juga transparan dan akuntabel, sehingga harus digunakan untuk mengurangi risiko sengketa, konflik, dan kemungkinan yang terjadi bila menggunakan sistem manual,” jelasnya.

 

Sementara itu, Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan menambahkan pelaksanaan deklarasi merupakan salah satu bentuk kesiapan dalam melaksanakan kegiatan pilkades serentak di Kabupaten Magetan yang aman dan damai. Hal ini penting dilakukan guna menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.

 

“Deklarasi ini sebagai bentuk wujud sinergitas dan soliditas TNI, Polri, instansi pemerintah, dan seluruh elemen masyarakat guna menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat selama kegiatan pilkades serentak di Kabupaten Magetan,” tuturnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Exit mobile version