Pemkab Layani Warga Lewat Program Desa Manjur

CIANJUR – Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat memberikan pelayan cepat bagi warga dalam program ‘Desa Manjur Bungah Pisan’. Adapun pelayanan yang diberikan mulai dari administrasi kependudukan, pembuatan kartu tani, cek kesehatan hingga sertifikat halal untuk produk UMKM.

 

“Menginjak tahun ke lima menjabat sebagai Bupati Cianjur dari 356 desa yang ada tinggal beberapa desa lagi yang belum mendapatkan program tersebut, namun saya pastikan seluruh desa akan mendapat kunjungan,” kata Bupati Cianjur, Herman Suherman, Jum’at (1/9/2023).

 

Program ‘Desa Manjur Bungah Pisan’ yang digelar di setiap desa merupakan bentuk kerja nyata aparatur pemerintah di Pemkab Cianjur. Termasuk dirinya berkantor selama satu hari memberikan pelayanan langsung bagi warga yang membutuhkan berbagai keperluan ke masing-masing dinas.

 

“Program tersebut merupakan upaya untuk mendekatkan pelayanan dari Pemkab Cianjur pada warga di pelosok desa yang ada di Cianjur, sehingga mereka tidak perlu jauh ke kota kabupaten untuk mendapat pelayanan cepat,” ujarnya.

 

Ia menjelaskan, Dinas Kesehatan Cianjur memberikan pelayanan cek kesehatan, pelayanan adminduk diberikan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, layanan kartu tani diberikan Dinas Pertanian Cianjur. Selain itu, pembuatan sertifikasi halal diberikan MUI, pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) diberikan Diskoperindag Cianjur.

 

“Semua dinas pelayanan yang berkaitan dengan kebutuhan warga di setiap program Desa Manjur selalu membuka meja pelayanan, sehingga memudahkan warga yang membutuhkan dan pelayanan yang paling banyak diberikan adminduk dari Disdukcapil Cianjur,” cetusnya.

 

Menurutnya, program tersebut akan dilakukan sampai akhir masa jabatan sehingga warga di seluruh wilayah Cianjur mendapatkan pelayanan yang sama. Artinya warga tanpa harus jauh-jauh datang ke kantor dinas untuk mengurus berbagai keperluan.

 

“Tidak hanya pelayanan kedinasan, di setiap desa yang digelar program tersebut, digelar juga bazar produk UMKM, sehingga perekonomian di setiap desa yang dikunjungi dapat meningkat,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *