Kantor Desa Rambipuji Bernuansa Tempo Dulu

JEMBER – Kantor Desa Rambipuji, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember didesain tradisional seolah-olah bernuansa tempo dulu. Saat beranjak ke dalam ruangan, pengunjung akan disambut dengan hiasan anyaman bambu, terdapat pula pojok literasi, budaya, dan produk UMKM warga sekitar.

 

“Ada juga tempat bermain untuk anak, lengkap dengan permainan tradisional di dalamnya,” kata Kepala Desa Rambipuji Dwi Diyah Setyorini, Kamis (31/8/2023).

 

Diyah menjelaskan, tempat tersebut dibuat sedemikian rupa untuk memunculkan nuansa tradisional di kantor desa. Sebab, hiasan tradisional saat ini mulai banyak ditinggalkan masyarakat.

 

“Sementara di tempat itu, masih ada masyarakat yang memproduksi kerajinan tradisional. Tujuan lainnya adalah memberikan kenyamanan bagi perangkat desa dan masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan,” ujarnya.

 

Selain itu, tempat bermain di kantor desa juga berfungsi sebagai wujud dari jargon ramah anak. Oleh karena itu, kata Diyah, masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan tidak lagi waswas membawa anaknya.

 

“Pojok seni bertujuan agar anak tahu seni dan budaya lokal di Indonesia,” katanya,

 

Ia menambahkan, kantor desanya juga ramah terhadap para pelaku UMKM setempat. Sebab, memang ada tempat yang memajang hasil produk warga.

 

Uniknya, hal itu juga dilengkapi dengan katalog. Bahkan, rencananya akan dilakukan pembuatan situs belanja daring untuk setiap UMKM.

“Kami ingin mengenalkan produk-produk lokal yang ada di Rambipuji,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *