Desa Lai Jadi Pilot Project Program Pesiar

MANADOBPJS Kesehatan meluncurkan Program Petakan, Sisir, Advokasi, dan Registrasi (PESIAR) yang bertujuan untuk mengoptimalkan cakupan Universal Health Coverage (UHC). Dari 126 desa pilot project di Indonesia, satu di antaranya merupakan Desa Lai yang terletak di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.

 

“Program PESIAR ini selain meningkatkan kepesertaan, juga mendorong keaktifan peserta JKN-nya,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manado, Betsy MO Roeroe, Rabu (30/8/2023).

 

Penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) Program PESIAR antara BPJS Kesehatan Manado dengan Pemkab Kepulauan Siau Tagulandang Biaro dilaksanakan 14 Juni 2023 di Balai Kampung Lai. Penandatanganan perjanjian tersebut juga turut melibatkan Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen.

 

“Mewujudkan hal itu BPJS Kesehatan Cabang Utama Manado dan Pemkab Kepulauan Sitaro melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama Program Pemetaan, Penyisiran, Advokasi dan Registrasi (Pesiar),” jelasnya.

 

Seperti namanya, program ‘Pesiar’ merupakan aktivitas pemetaan, penyisiran, advokasi dan registrasi terhadap masyarakat. Kegiatan tersebut dilakukan oleh agen dengan mengidentifikasi data potensi penduduk yang akan menjadi prioritas sasaran rekruitmen peserta.

 

Dalam melakukan pendataan, agen ‘Pesiar’ akan melakukan pendekatan secara persuasif dan melakukan edukasi terkait hak dan kewajiban peserta serta prosedur pelayanan dalam program JKN. Hal ini juga akan disampaikan kepada pemangku kepentingan terkait.

 

Betsy Roeroe menjelaskan, sebelum digalakkan program PESIAR di Desa Lai, penduduk yang terdaftar JKN sebanyak 424 jiwa atau 66 persen dari jumlah penduduknya yaitu 613 jiwa. Setelah digalakkan program PESIAR, per Juli 2023, 100 persen penduduk Desa Lai terdaftar Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

 

“Kami memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Kabupaten Kepulauan Sitaro yang memberikan perhatian khusus pada program tersebut. Ini dibuktikan dengan adanya salah satu desa yaitu Desa Lai yang telah mendaftarkan seluruh penduduknya sebagai peserta JKN,” sebutnya.

 

Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen menyampaikan program ‘Pesiar’ sangat baik dan begitu relevan diimplementasikan di daerah kepulauan khususnya Kabupaten Kepulauan Sitaro. Program ini membuat setiap desa dapat secara aktif mengetahui berapa jumlah penduduk dalam desa yang telah memiliki kepesertaan aktif dalam program JKN.

 

“Jadi kalau ada yang tawarkan asuransi di desa, sampaikan saja sudah punya JKN. Semua ini demi kesejahteraan masyarakat sehingga seluruh masyarakat yang berada di Sitaro harus dapat terjamin dalam program JKN,” tutupnya.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *