Site icon Kolom Desa

Upaya Tingkatkan Literasi Keuangan Desa, OJK Gelar Program “Desaku Cakep Keuangan”

PONTIANAKOtoritas Jasa Keuangan (OJK) gelar program leterasi keuangan desa yaitu “Desaku Cakap Keuangan”. Hal tersebut merupakan upaya meningkatkan literasi keuangan sekaligus menggali kemampuan desa.

 

 

“Program Desaku Cakap Keuangan bentuk nyata untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Kalbar. Bahkan melalui program itu untuk menggali potensi desa setempat,” ujar Friderica Widyasari Dewi, Direktur Jenderal Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen (PEPK) OJK saat kegiatan Literasi Keuangan, Selasa (22/08/2023).

 

 

Ia mengatakan, dalam acara tersebut hadir berbagai pihak di sektor keuangan termasuk BI dan lainnya. Semuanya bergandengan tangan untuk bisa memberikan akses terhadap sumber daya keuangan, permodalan, pemahaman masyarakat dan lain-lain.

 

 

Sementara itu, ketika membutuhkan modal berupa KUR ada Bank Kalbar, untuk pembiyayaan ada PNM dan lain-lain. Hal terpenting yang diharapkan masyarakat dalam program tersebut adalah sesuatu yang dapat ditemukan dan ditingkatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

 

 

Potensi kalbar sangat besar, mulai dari tenun hingga makanan dan masih banyak lagi. Sebelumnya, Ketua OJK Kalbar Maulana Yasin mengatakan, untuk ptogram Desaku Cakap Keuangan, berada di wisata Batu Belimbing di Desa Nyarumkop, Kecamatan Singkawang Timur, Kota Singkawang.

 

 

Desa Wisata Batu Belimbing tersebut perpaduan antara pengembangan wisata dengan edukasi keuangan. Program ini meningkatkan pemahaman terkait lembaga, produk dan layanan jasa keuangan di antaranya perbankan, lembaga pembiayaan, gadai dan perasuransian.

 

 

Sebagai infromasi, Objek wisata yang dikelola Pokdarwis dan didukung pemerintah setempat merupakan wilayah perbukitan dengan hamparan perkebunan dan hutan yang masih alami, asri dan indah menjadi ikon pariwisata panorama alam di Kelurahan Nyarumkop Kecamatan Singkawang Timur.

 

 

 

Penulis: Devi arp
Editor: Mukhlis

Exit mobile version