Ribuan Warga Berbondong-bondong pada HUT Maluku ke-78

MALUKU – Dalam rangka memperingati HUT ke-78 Provinsi Maluku, Pemprov menggelar Pesta Rakyat bertajuk “Festival Budaya Maluku”. Acara tersebut disambut antusias oleh ribuan masyarakat yang memadati lokasi festival, Sabtu (26/8/2023).

 

“Festifal Budaya Maluku 2023 yang digelar merupakan upaya meneguhkan dan memperkuat semangat bersatu dalam keragaman yang digelar dalam rangka merayakan HUT Provinsi Maluku ke-78,” kata Gubernur Maluku.

 

Berlokasi di Lapangan Merdeka Ambon, festival itu mengusung tema Unity in Diversity atau bersatu dalam keragaman. Acara diawali pesta kembang api, penampilan tarian dan lagu-laguan.

 

Ia mengatakan, Provinsi Maluku memiliki toleransi yang tinggi, terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia dari manapun berada. Oleh sebab itu, Ia mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga adat istiadat, budaya serta lingkungan di Maluku.

 

“Mari sama-sama kita menjaganya agar dapat terus dirasakan oleh anak cucu kita nanti. Bergerak maju untuk Maluku, Maluku Bisa,”tandas Gubernur.

 

Pesta rakyat Maluku semakin meriah dengan penampilan kolaborasi epik dan dan kreatif tentang Maluku dari masa ke masa, pencak silat, karate, musik dan tarian. Selain itu, sanggar dan paguyuban etnis Nusantara dan paguyuban etnis lokal Maluku juga memeriahkan pesta tersebut.

 

Acara tersebut, juga turut dimeriahkan para band lokal maupun artis lokal Maluku diantaranya, Nanala Voice, Ebeng Acom, Ode Gaya, JP Band, DJ Kenza, People Halong Dance Crew, Amboina Ukelele Kids Community, Rehobotics dan Tickang Palungku.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *