Warga Protes Pemdes Lantaran DD Tak Transparan

Ilustrasi Tak Transparan Pengelolaan Keuangan, Sumber Foto: Freepik
Ilustrasi Tak Transparan Pengelolaan Keuangan, Sumber Foto: Freepik

HALMAHERA UTARA – Masyarakat Desa Pediwang, kecamatan Kao Utara, kabupaten Halmahera Utara (Halut) memprotes Pemerintah Desa yang tak transparan dalam penggunaan angggaran Dana Desa (DD). Oleh sebab itu, Kepala Urusan (Kaur) Pembangunan pemerintah meminta agar setiap akhir masa penggunaan anggaran disampaikan pada masyarakat.

 

“Masyarakat mendatangi saya dan meminta agar Kepala desa harus transparan terhadap penggunaan anggaran desa yang sudah di gunakan, jadi ada keterbukaan dalam penggunaannya,” Kata Petrus Weda, Kamis (24/08/2023).

 

“Dengan dibukanya penggunaan itu, tambahnya, sebagai upaya untuk menepis anggapan masyarakat selama ini. Karena selama ini warga menilai tentang penggunaan keuangan desa itu terkesan tertutup.

 

“Kita hindari, jangan sampai ada kepala desa dan perangkatnya dilaporkan ke penegak hukum dalam menggunakan keuangan desa ini,” katanya.

 

Petrus menambahkan, selama ini, Kades dinilai tidak transparan kepada warga. Akibatnya, dugaan penyalahgunaan penggunaan keuangan desa itu selalu jadi bahan laporan.

 

“Masyarakat itu menginginkan setiap tahap pencairan anggaran desa itu disampaikan, dengan mengundang BPD dan masyarakat untuk memberitahukan sudah sejauh mana penggunaan anggaran dari program-program yang telah dibuat,” jelasnya.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *