34 Desa di Situbondo Akan Berstatus Maju

Pantai pasir putih terletak di Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo. Sumber: https://pariwisata.situbondokab.go.id/
Pantai pasir putih terletak di Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo. Sumber: https://pariwisata.situbondokab.go.id/

SITUBONDO – Sejumlah 34 desa di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur yang masih berstatus berkembang akan naik kelas menjadi status desa maju pada tahun 2024. Untuk menaikkan status tersebut perlu bersinergi antara camat, pendamping desa serta kader pembangunan manusia atau KPM.

 

“Harapan 34 desa yang masih berstatus berkembang bisa naik statusnya jadi desa maju pada tahun depan,” kata Bupati Situbondo Karna Suswandi, Rabu (23/8/2023).

 

Bupati juga meminta kepada para camat untuk mencatat desa mana saja yang masih berstatus desa berkembang. Ia menekanakn agar menjadikan desa-desa tersebut menjadi prioritas program pemerintah.

 

“Saya minta dicatat Pak Camat biar tidak lupa, dan data itu menjadi prioritas pelaksanaan kegiatan di masing-masing desanya. Utamanya Kecamatan Banyuglugur, Jangkar, Jatibanteng, Sumbermalang dan Mlandingan ini perlu penguatan dan pendampingan,” ujarnya.

 

Menurutnya, untuk mewujudkan peningkatan status desa berkembang menjadi desa maju butuh kerja keras, sinergitas, kolaborasi seluruh pemangku kepentingan. Termasuk kader pembangunan manusia dan pendamping desa.

 

“Oleh karena itu, kami berharap seluruh KPM dan pendamping desa bersama camat serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) terus berupaya maksimal dalam meningkatkan status desanya masing-masing,” kata Bupati yang karib disapa Bung Karna ini.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo Suriyatno menjelaskan ada tiga jenis indeks yang membentuk indeks desa membangun (IDM). Yaitu ketahanan sosial, indeks ketahanan ekonomi dan indeks ketahanan ekologi atau lingkungan.

 

“Hingga tahun 2023 dari 132 desa di Situbondo ada 34 desa berstatus berkembang, 63 desa berstatus maju dan 35 desa di antaranya berstatus mandiri. Alhamdulillah untuk desa status tertinggal tidak ada,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *