Tiga Rumah Terdampak Kebakaran di Desa Mandi Aur

Ilustrasi kebakaran. Sumber foto: Shutterstock

MUSI RAWASKebakaran di Desa Mandi Aur Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas (Mura) Sumsel terjadi pada Senin (21/8/2023) sore. Akibatnya, Dua rumah milik warga Dusun 2 ludes terbakar, dan satu rumah hanya tinggal separuh.

 

“Benar, kejadiannya di Dusun 2 Desa Mandi Aur. Dua rumah habis total dan 1 rumah masih separuh,” kata Kepala Desa Mandi Aur, Dodi Johan, Selasa (22/8/2023).

 

Dikatakan Dodi, dua rumah warga yang ludes adalah milik Saudi (61) yang kesehariannya sebagai petani. Kemudian, 1 rumah lagi milik Ansor (30) seorang wiraswasta.

 

“Rumah yang tinggal separuh itu milik Wanti. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, tapi kerugian di taksir mencapai ratusan juta,” jelasnya.

 

Dijelaskan Dodi, api pertama kali diketahui berasal dari rumah Saudi, yang diduga akibat konseling listrik, yang kemudian langsung menyambar ke rumah yang ada di sampingnya.

 

“Api diduga konseling listrik, saat kejadian rumah dalam kondisi kosong. Saudi masih di ladang, sedangkan satunya masih mandi,” ungkapnya.

 

Saat kejadian, api dengan cepat karena saat itu, api sedang berhembus dengan kencang.

 

“Pemadaman api, dilakukan oleh warga baru kemudian beberapa saat mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi,” jelasnya.

 

Setelah kejadian, para korban kini mengungsi di rumah tetangganya, lantaran tak memiliki tempat tinggal.

 

“Sekarang korban ngungsi di rumah tetangganya, karena tidak punya tempat tinggal lagi,” jelasnya.

 

Meski tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut tetapi kerugian di taksir mencapai ratusan juta rupiah.

 

Ditambahkan Dodi, pihaknya sudah melaporkan kejadian tersebut ke OPD terkait, dan berharap ada perhatian dari pemerintah untuk memberikan bantuan kepada para korban.

 

“Sudah kami laporkan ke pihak Pemkab, harapan ada bantuan yang turun untuk para korban,” ucapnya.

 

Sementara itu, Kapolsek Muara Kelingi, AKP Fettra mengatakan, kejadian bermula saat warga melihat api di rumah Saudi yang sedang di tinggal pemiliknya ke ladang.

 

“Warga yang melihat itu, langsung meminta bantuan warga desa sekitar untuk memadamkan api tersebut. Namun api dengan cepat membakar rumah Saudi dan merambat mengenai rumah yang di sebelahnya,” katanya.

 

Penulis: Ulfa
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *