Kades Didorong Punya Inovasi Tingkatan Ekonomi

Ilustrasi kepala desa Sumber Foto: Istimewa
Ilustrasi kepala desa Sumber Foto: Istimewa

MANADO – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) terus menggenjot perangkatnya untuk melakukan inovasi memajukan daerah, terlebih peningkatan ekonomi masyarakat. Hal ini lantaran desa merupakan ujung tombak pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

 

“Untuk itu, selaku pemerintah provinsi dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, kami mendorong pemerintah desa untuk melakukan upaya meningkatkan ekonomi,” ujar Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulut, Darwin Muksin, Selasa (22/8/2023).

 

Pihaknya meminta kepada pemerintah desa khususnya para Kepala Desa (Kades) untuk berjiwa entrepreneurship. Jiwa entrepreneurship dapat dimunculkan oleh Kades melalui pemberdayaan BUMDesa.

 

“Kepala desa ditantang untuk memunculkan ekonomi baru di desa. Tentunya, dengan memberdayakan BUMDes. Juga, Kades harus berpikir bagaimana hasil usaha dari desa bisa diperdagangkan ke luar, bukan hanya di desa itu sendiri,” terangnya.

 

Sementara itu, upaya yang akan dilakukan oleh pihak DPMD, yakni mensupport hasil dari desa dalam hal ini membantu memasarkan produknya. Sehingga hasilnya nanti akan didorong ke pasar domestik dan bisa juga ke pasar ekspor.

 

“Hasilnya itu nanti akan didorong ke pasar domestik dan bisa juga ke pasar ekspor. Dengan begitu, peningkatan ekonomi masyarakat di desa akan terlihat hasilnya,” pungkasnya.

 

 

Penulis: Erdhi

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *