Unik! Warga Lumajang Berdagang Pakai Kostum Jadul

Ilustrasi pedagang pakai busana jadul. Sumber foto: iStock
Ilustrasi pedagang pakai busana jadul. Sumber foto: iStock

LUMAJANG –  Sejumlah warga di Dusun Ngambon, Desa Jambekumbu, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang menggelar kegiatan ala tempo dulu. Uniknya, mereka membuka stand makanan dengan memakai kostum bernuansa jadul atau zaman dulu.

 

“Seperti kebaya bagi perempuan dan beskap untuk laki-laki, lengkap dengan blangkon. Pemakaian busana tempo dulu itu untuk mengenang masa perjuangan zaman dulu,” kata Ketua Panitia Ngambon Jadul, Rangga, Selasa (22/8/2023).

 

Rangga melihat daerah tersebut memiliki potensi wisata yang lebih rendah dari beberapa desa lainnya. Untuk itu, pihaknya akan terus mempertahankan gelaran semacam itu dengan mengusung adat dan budaya, sebab ini dapat menjadi nilai tawar yang lebih.

 

“Ini inisiatif warga sekitar untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI. Semoga ini bisa menjadi gelaran rutin setiap tahunnya dan mampu menambah ekonomi warga sekitar,” ujarnya.

 

Sementara itu, Irawati salah satu pedagang mengatakan kawasan tersebut juga dipenuhi dengan stan penjual makanan yang ornamennya terbuat dari bambu. Dilengkapi dengan makanan serba jadul yang sudah jarang ditemui, tidak heran jika 10 stan yang ada langsung diserbu pengunjung.

 

“Dari pagi sudah sibuk menyiapkan jajan jadul. Alhamdulillah, baru beberapa jam sudah ludes. Padahal ini kegiatannya masih panjang,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *