Ada 7 Desa Penghasil Bawang Merah Terbanyak

Bawang Merah. Sumber: iStock.
Bawang Merah. Sumber: iStock.

NGANJUK –  Sejumlah desa di Kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk menjadi penghasil bawang merah yang sangat melimpah. Dari 17 desa, terdapat 7 desa dengan luas lahan lebih 100 hektare menjadi penghasil bawang merah terbanyak di daerah tersebut.

 

“Tujuh desa itu adalah Sumberjo, Mlinggo, dan Mojoseto. Empat desa lainnya Karangsemi, Balonggebang, Campur dan terakhir pandean,” kata Penyuluh pertanian lapangan (PPL) BPP Gondang, Suyatmi, Selasa (22/8/2023).

 

Yatmi menyebutkan, panen di kawasan Gondang selatan ini diperkirakan akan berlangsung lama dan mulai dipanen September hingga Oktober. Desa yang paling luas lahannya di Kecamatan Gondang adalah Desa Sumberjo dengan luas lahan 460 hektare.

 

“Pada tahun 2023 hingga bulan Agustus ini, lahan berambang di sana seluas 380 hektare. Diprediksi hingga akhir tahun nanti, ada 60 hektare lahan yang ditanami berambang,” ujarnya.

 

Sementara itu, Subandi (56) petani asal Desa Sumberjo mengatakan lahannya selalu ditanami bawang merah. Ia tidak pernah menanam tanaman lainnya.

 

”Keuntungan menanam bawang merah lebih besar dari pada padi atau jagung,” ujarnya.

 

Subandi mengaku saat ini tengah memasuki musim tanam bawang merah yang kedua. Tanaman bawang merah berusia 40 hari dan rencananya sekitar 20 hari ke depan akan dipanen.

 

“Rata-rata warga di sini akan panen raya September nanti,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *