Sejumlah Nelayan Lakukan Upacara HUT Ke-78 RI di Tengah Laut

Jembrana – Sejumlah kelompok nelayan dan pelaku pariwisata Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali lakukan upacara HUT Ke-78 RI di tengah laut Teluk Gilimanuk bersama dengan TNI AL dan AD. Meskipun air laut sempat merendam peserta upacara, namun tidak menyurutkan semangat untuk mengibarkan bendera merah putih yang terletak di tengah laut tersebut.

 

“Pulau kecil ini akan terendam air laut saat pasang, kebetulan tadi air laut pasang, tapi tidak dalam, kami merayakannya disini,” kata ketua Pariwisata Teluk Gilimanuk, Soni Budi Kusuma, Kamis (17/8/2023).

 

Menurutnya, pada tahun 2022 lalu, mereka juga melakukan kegiatan ini. Namun saat itu air laut dalam kondisi surut, berbeda dengan saat ini yang dalam kondisi pasang.

 

“Meski dilaksanakan dengan sederhana karena kondisi air yang pasang disertai hujan, pengibaran bendera merah putih bisa kami laksankan dengan baik,” katanya.

 

Selain perayaan unik di tengah laut yang dilakukan oleh nelayan dan kelompok periwisata, perayaan HUT Ke-78 RI juga dilaksanakan di banyak tempat di Kabupaten Jembrana, hingga kepelosok desa.

 

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Jembrana melangsungkan upacara bendera tingkat Kabupaten di Stadion Pecangakan Jembrana. Pada perayaan tersebut, Bupati meminta perayaan HUT RI ini bisa menjadi penyemangat untuk melanjutkan perjuangan dari para leluhur kemerdekaan.

 

“Tidak ternilai apa yang para pejuang kemerdekaan sudah korbankan untuk bangsa ini, kita harus mencontohi semangat pengerbonan mereka, ucapnya

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *