Desa Mandiri di Jawa Timur Meningkat

SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebut keberadaan Desa Mandiri di Jawa Timur meningkat hingga mencapai 2800. Menurutnya, berdasarkan rilis dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) prosentasenya mencapai 24,4 persen.

 

“Tingginya tinggi sekali Desa Mandiri di Jawa Timur ada 2800 posisi pertama di Nasional. Posisi kedua cuma 1800 itu di provinsi lain ” kata Khofifah, Sabtu (19/8/2023).

 

Khofifah mengatakan prosentase Desa Mandiri di Jatim tertinggi, jika dibandingkan provinsi lain di Indonesia. Ia menilai capaian peningkatan jumlah Desa Mandiri di Jatim tersebut bukan hanya tertinggi saja, tetapi juga jauh melampaui provinsi lain di Indonesia.

 

“Artinya apa, ketika kemiskinan terjadi dan intervensinya tepat, maka akan menciptakan kemandirian desa dan hal itu menjadi indikator kalau kesejahteraan di desa itu tumbuh,” ujarnya.

 

Mantan Menteri Sosial RI ini menyebut keberhasilan Jawa Timur dalam meningkatkan jumlah desa mandiri. Artinya pihaknya telah melaksanakan amanah Undang-Undang Dasar 1945.

 

“Yakni memajukan kesejahteraan Umum. Dan Ilmuan Muslim bernama Imam Al-Ghozali pernah berkata pemimpin yang baik adalah ketika mampu membelanjakan anggaran untuk kesejahteraan rakyatnya,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *