Pemprov Papua Gelar Pasar Murah di Batas Negara

JAYAPURA – Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua menggelar pasar murah di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skow, Kota Jayapura, Papua. Kegiatan tersebut merupakan bentuk kehadiran Negara dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

 

“Pasar murah dalam rangka HUT Ke-78 Republik Indonesia ini memberikan nuansa baru di mana pemerintah betul-betul mencintai rakyatnya terutama di wilayah perbatasan,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua Samuel Siriwa di Jayapura, Kamis (17/8/2023).

 

 

Menurutnya, penyelenggaraan pasar murah ini untuk menyediakan pangan dengan harga terjangkau bagi masyarakat perbatasan. Selain itu, dalam kesempatan yang sama terdapat pembagian 100 Paket Pangan dari Badan Pangan Nasional.

 

 

“Selain pasar murah, ada juga pembagian 100 Paket Pangan dari Badan Pangan Nasional diserahkan secara simbolis oleh Deputi Infrastruktur Kementerian Dalam Negeri untuk masyarakat yang tinggal di sekitar PLBN RI-PNG Skouw,” ujarnya.

 

Ia menjelaskan, untuk pasar murah ini merupakan kolaborasi bersama dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas), Bulog dan instansi terkait lainnya. Bahan pokok yang dihadirkan meliputi beras SPHP dengan harga Rp10 ribu per kilogram, minyak goreng Rp14 ribu per liter, gula Rp15 ribu per kilogram.

 

“Terlihat warga antusias sekali dengan adanya pasar murah ini karena harga yang diberikan ini di bawah harga pasar,” katanya lagi.

 

Samuel menambahkan, pasar murah itu bukan hanya masyarakat sekitar perbatasan saja yang datang namun juga saudara-saudara dari PNG. Kegiatan tersebut kedepan akan digelar setiap tahun.

 

“Karena ini baru pertama kali kami lakukan sehingga untuk waktunya cuma sehari saja, namun ke depan tidak menutup kemungkinan akan ada lagi pasar murah di wilayah perbatasan,” ujarnya lagi.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *