Site icon Kolom Desa

Antisipasi Dampak Lingkungan, Pemkab Halteng Luncurkan Laskar Sampah

HALMAHERA TENGAH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Tengah meluncurkan Laskar Sampah BUMDes Woebulen Madani. Hal itu merupakan upaya bersama masyarakat dalam mengantisipasi lingkungan dari dampak negatif sampah, Rabu (16/8/ 2023).

 

“Laskar Sampah ini sebagai bentuk usaha bersama masyarakat untuk menjaga lingkungan dari dampak negatif sampah. Pengelolaan sampah menjadi tanggung jawab bersama,” kata Staf Ahli Bupati Hakkamy Husain.

 

Ia menyatakan bahwa pengelolaan lingkungan memerlukan partisipasi, kerjasama, dan kontribusi dari berbagai pihak. Sehingga dalam acara itu turut hadir pemerintah, sektor swasta, organisasi masyarakat, dan seluruh lapisan masyarakat.

 

Hakkamy juga mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam pembentukan Laskar Sampah Desa, terutama Pemerintah Desa Woebulen, Kecamatan Weda Tengah. Selain itu, Ia juga mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kerjasama dalam pengelolaan sampah secara berkelanjutan.

 

“Saya berharap bahwa melalui pembentukan Laskar Sampah ini, sebagai gerakan berbasis masyarakat, kita dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pengelolaan sampah yang benar,” harapnya.

 

Sementara itu, Camat Weda Tengah, Ilham Suud mengatakan, selama ini Tempat Penampungan Akhir (TPA) untuk sampah juga harus menjadi perhatian. Pasalnya, dapat berakibat timbulnya polusi udara dan dampak buruk pada kesehatan masyarakat di sekitarnya.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Exit mobile version