Air Terjun Tumpak Sewu Jadi Jujugan Wisman

LUMAJANG, –  Air Terjun Tumpak Sewu merupakan salah satu air terjun tercantik yang ada di Desa Wisata Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Spot wisata Air Terjun yang masih berdekatan dengan spot keren lain Goa Tetes ini menjadi jujugan andalan bagi wisatawan mancanegara (Wisman).

 

“Karena mereka (turis) dari Malang biasanya langsung berwisata ke Air Terjun Tumpak Sewu,” kata Kabid Destinasi pada Dinas Pariwisata Lumajang Tomy, Rabu (16/8/2023).

 

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Pariwisata Lumajang Yuli Harismawati mengaku potensi wisata Lumajang sangat tinggi untuk menggaet turis mancanegara. Tentu dengan tetap komitmen menjaga eksotika alam Lumajang.

 

“Sangat banyak sekali wisman ke sini. Bahkan kemarin sebelum bencana, saya dapat informasi itu ada 500 turis dari Tiongkok. Dan pertengahan bulan Juli kemarin jika tidak rescheduling itu ada 15 touris Italia,” tandasnya.

 

Diketahui, arti lain dari nama Tumpak Sewu adalah tumpak (naik) dan sewu (seribu). Jadi Tumpak Sewu berarti air terjun ini terlihat seolah sedang menaiki atau menumpang di dinding atau tebing air terjun.

 

Maka bisa disimpulkan nama Tumpak Sewu merupakan julukan dari tumpukan seribu air terjun. Meski tidak benar seribu, curahan air yang membentuk air terjun di sini sangat banyak, membuatnya terlihat seperti air terjun raksasa layaknya Air Terjun Niagara.

 

Wisata ini buka dari jam 7 pagi sampai 5 sore. Letaknya berada di perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Untuk menuju lokasi air terjun, wisatawan umumnya menggunakan jalur Lumajang karena lebih aman untuk menuju ke area bawah. Sementara jalur Malang terbuat dari tangga vertikal yang menyeramkan.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *