Pemdes Dangin Puri Kelod Gelar Lomba Menghias Banjar

Denpasar – Dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023, Pemerintah Desa Dangin Puri Kelod menggelar Lomba Menghias Banjar Tingkat Desa. Hal tersebut bertujuan untuk mendorong kreativitas dan kebersamaan warga.

 

“Dengan semangat kemerdekaan dan menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang bagi kemerdekaan bangsa ini, kami mendorong warga kami menunjukkan kreativitas dan kebersamaan melalui lomba menghias banjar,” kata Perbekel Desa Dangin Puri Kelod, Made Sada, Selasa (15/8/2023).

 

Ia menjelaskan, lomba menghias banjar se-Desa Dangin Puri Kelod ini digelar untuk menyambut dan memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023. Kegiatan lomba tersebut melibatkan unsur Sekehe Teruna-Teruni dan Masyarakat Banjar.

 

Ia mengatakan, dalam hal ini peserta lomba diberi kebebasan untuk menggambarkan semangat kemerdekaan, keunikan budaya dan ciri khas Kota Denpasar serta budaya Bali pada umumnya dalam setiap hiasan yang mereka buat. Juri yang menilai lomba ini adalah tim dari Dinas Kebudayaan Kota Denpasar.

 

Menurutnya, kegiatan lomba menghias banjar ini sudah secara rutin dilaksanakan setiap tahunnya sejak tahun 2017. Menurutnya, masyarakat desa sangat antusias dalam mengikuti lomba ini.

 

“Kami melihat warga kami sangat antusias dalam mengikuti lomba ini dan menghias banjar mereka dengan unsur budaya Bali dan tema kemerdekaan,” ujarnya.

 

Ia berharap, banjar-banjar yang sudah dihias ini nantinya tidak hanya menarik bagi warga lokal saja, namun dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan yang tengah berlibur ke Kota Denpasar.

 

“Disamping itu, lomba ini juga kami harap dapat memberikan ruang bagi masyarakat untuk saling berinteraksi dan mengapresiasi hasil karya satu sama lain sesuai dengan spirit Vasudhaiva Kutumbakam,” harapnya.

 

Sekadar informasi, adapun banjar-banjar yang meraih lomba ini adalah, Banjar Mandala Sari sebagai Juara 1, juara 2 diraih Banjar Yangbatu Kauh dan Juara 3 diraih Banjar Yangbatu Kangin.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *