Jember Belum Dapat Jadwal Imunisasi Rotavirus

JEMBER – Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, pemerintah pusat memberikan hadiah berupa imunisasi vaksin rotavirus (RV) gratis kepada bayi. Program tersebut berlaku secara nasional, namun Kabupaten Jember belum kebagian jadwal.

 

“Namun, kabar kelanjutannya masih menunggu dari Dinkes Provinsi Jatim. Belum ada informasi dari provinsi,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember Hendro Soelistijono, Senin (14/8/2023).

 

Pihaknya belum menerima edaran langsung mengenai pelaksanaan imunisasi vaksin RV bagi bayi-bayi di Jember. Menurutnya, kemungkinan pelaksanaannya tidak serentak dan akan dilakukan bertahap.

 

“Di Jember belum ada informasi, mungkin bertahap,” ujar Hendro.

 

Pihaknya akan segera memberikan kabar kembali apabila sudah mendapatkan kelanjutan informasi dari Dinkes Jatim. Dijelaskan Hendro, vaksin RV penting diberikan untuk melindungi bayi-bayi di Jember.

 

“Utamanya agar terhindar dari infeksi rotavirus penyebab diare,” tandasnya.

 

Diketahui, imunisasi tersebut akan diberikan secara cuma-cuma dari dana APBN. Kickoff pelaksanaannya dimulai hari Selasa (15/8/2023) di Sulawesi Selatan. Selanjutnya pemberian imunisasi RV dilakukan bertahap di sejumlah kabupaten dan kota dengan sasaran bayi usia dua hingga enam bulan.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *