Site icon Kolom Desa

Wisata Sumber Mrutu di Lumajang Terbengkalai

LUMAJANG, – Salah satu objek wisata Sumber Mrutu di Desa Pandansari, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang yang menyuguhkan pesona keindahan alami itu kini mulai terbengkalai. Hal itu disebabkan minimnya perhatian pemerintah desa setempat bahkan tidak mendapatkan suntikan dana desa.

 

“Kalau malam hari sekarang hanya satu warung yang buka, tidak seperti dulu,” kata Pengelola wisata, Dugel Hariyanto, Senin (14/8/2023).

 

Hariyanto menjelaskan, sebelumnya wisata Sumber Mrutu dikelola desa dan berada di bawah naungan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa). Namun, semenjak desa tak lagi mensupport dana otomatis kondisinya tidak terawat.

 

“Faktor penyebabnya tak dapat dipastikan, dan saat ini perawatannya hanya dilakukan seadanya,” ujarnya.

 

Ia menambahkan, beberapa fasilitas wisata yang didirikan tiga tahun lalu itu kini kurang terawat. Kafe yang dulunya selalu ramai saat malam hari saat ini mulai ditumbuhi rumput liar.

 

“Akses jalan pun ikut rusak dan tak lagi terdapat papan penanda lokasi wisata,” imbuhnya.

 

Hariyanto yang juga mantan ketua kelompok sadar wisata (pokdarwis) desa setempat ikut menyayangkan kondisi tersebut. Selain itu, banyak rencana pengembangan wisata yang ingin dijalankan sebelumnya.

 

“Hanya saja, ibaratkan pion dalam permainan catur. Semaju apa pun, tentu butuh sokongan rajanya,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Exit mobile version