Sulsel Target 1000 Kampung Zakat Tahun Ini

MAKASSARKemenag Kanwil Sulawesi Selatan bakal melaunching sepuluh program kampung zakat di Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam bulan Agustus ini. Kemenag terus berupaya memasifkan program ini, dengan mempercepat kampung-kampung zakat lainnya, yang ditargetkan menjadi 1.000 kampung zakat se-Indonesia di akhir tahun 2023.

 

‘’Untuk itu dianggap perlu nanti melakukan audiens dengan bapak walikota Makassar, memohon dukungan lokasi yang strategis,’’ ungkap Kabid Penaiszawa Kanwil Kemenag Sulsel, H. Abdul Gaffar, Senin (14/8/2023).

 

Dengan dukungan LAZ Assalam Fil Aalamin Jakarta, launching 10 kampung zakat di Sulsel ini, diagendakan pada pekan terakhir bulan Agustus. Rencananya launching akan dilakukan di Masjid Al-Markaz Al Islami, atau lokasi lain yang strategis.

 

Kampung Zakat yang akan dilaunching adalah Kelurahan Lakkang Kecamatan Tallo Kota Makassar, Desa Towata Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar, Desa Bangkala Loe Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto, Desa Pujananting Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru, Desa Pising Kecamatan Donri Donri Kabupaten Soppeng. Kemudian ada Desa Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone, Desa Sumpang Mango Kecamatan Pitu Riawa Kabupaten Sidenreng Rappang, Desa Bambapuang Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enreakng, Desa/Lembang Kaduaja Kampung Sambua Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja dan Desa Pattaneteang Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng.

 

Sebelumya dalam rangka launching juga telah dilakukan rapat jajaran Bidang Penaiszawa pada 4 Agustus 2023. Untuk diketahui Di Sulsel, Desa Kahayya Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba ditetapkan sebagai lokasi pertama program Kampung Zakat yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama RI, bersama dengan Badan Amil Zakat Nasional RI.

 

Peluncuran Kampung Zakat tersebut dihadiri Ratusan warga dan berlangsung di lapangan Bola Desa Pammana Kecamatan Pammana. Hingga saat ini, tercatat ada 514 Kampung Zakat yang sudah diresmikan.

 

 

Penulis: Erdhi

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *