Setelah 35 Tahun, Dusun Saluran Akhirnya Teraliri Listrik

BANYUASIN – Setelah 35 tahun tak mendapat fasilitas layanan listrik, akhirnya Dusun Saluran, Desa Kenten Laut, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin mendapat jaringan listrik yang diberikan oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu. Hal ini menjadi bagian dari peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78.

 

“Saya mewakili masyarakat Kabupaten Banyuasin khususnya Dusun Saluran mengucapkan terima kasih kepada PLN UID S2JB yang telah berhasil mengaliri listrik disini yang sudah 35 tahun warga disini hidup tanpa adanya listrik,” ungkap Slamet Somosentono, Wakil Bupati Banyuasin pada saat acara peresmian listrik desa tersebut, Senin (14/08/2023).

 

“Dengan diresmikannya (listrik) desa ini, maka bertambah desa di Kabupaten Banyuasin yang telah teraliri dengan listrik dan Rasio Desa Berlistrik mencapai 99,68 persen, mudah-mudahan tidak lama lagi akan menuju 100 persen,” tambahnya.

 

Pada kesempatan ini turut hadir Gubernur Sumatera Selatan didampingi Wakil Bupati Banyuasin, General Manager PLN UID S2JB beserta jajaran Manajemen PLN serta segenap jajaran Forkopimda Kabupaten Banyuasin.

 

Amris Adnan selaku General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu menyampaikan bahwa dalam merealisasikan pembangunan jaringan listrik desa disini, PLN UID S2JB melalui UP2K Sumatera Selatan telah melaksanakan pembangunan saluran udara tegangan menengah sepanjang 4,44 kms dengan jaringan tegangan rendah sepanjang 8,15 kms serta 3 unit Gardu Distribusi dengan Kapasitas 50 kVA dengan total investasi Rp 3,25 Milyar.

 

“Rasio Desa Berlistrik di Provinsi Sumatera Selatan secara keseluruhan saat ini telah mencapai 99,02 persen. Mohon doa dan dukungan agar seluruh desa di Provinsi Sumatera Selatan segera merata dapat menikmati listrik dari PLN. Diharapkan dengan penyelesaian pembangunan listrik perdesaan diatas dapat meningkatkan lagi capaian RDB Provinsi Sumatera Selatan,” tambahnya.

 

Dalam kesempatan ini, Amris juga mengajak masyarakat agar dapat menggunakan PLN Mobile sebagai aplikasi utama dalam pelayanan kelistrikan dan juga segera beralih menuju gaya hidup elecfrifying lifestyle dengan menggunakan peralatan listrik.

 

Hadir dalam kesempatan ini Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru yang merasa terharu dengan adanya pembangunan jaringan listrik di Dusun Saluran dan turut mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah mendukung salah satu program pemerintah dengan peningkatan rasio desa berlistrik setiap tahunnya.

 

“Semakin banyak desa yang teraliri listrik, maka semakin banyak masyarakat yang dapat menikmati penggunaan listrik dalam kehidupan sehari-hari yang saat ini telah menjadi kebutuhan primer,” tutur Herman.

 

Dalam acara ini, PLN juga memberikan bantuan berupa token listrik untuk 5 orang penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

 

Peresmian Listrik Desa ditandai dengan Penekanan Sirine serta Penyalaan MCB pada salah satu sekolah di Dusun Saluran yang dilakukan oleh Gubernur Sumatera Selatan didampingi General Manager PLN UID S2JB, Wakil Bupati Banyuasin dan segenap Jajaran Manajemen PLN serta Forkopimda Kabupaten Banyuasin.

 

Penulis: Ulfa
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *