Pemkab Barsel Tindak Cepat Atasi kekeringan di Desa Murung Paken

BARITOPemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah bergerak cepat mengatasi kekeringan akibat fenomena El Nino Yang terjadi di Desa Murung Paken, Kabupaten Dusun Selatan. Hal tersebut guna mencega warga desa mengalami gagal panen.

 

 

“Setelah mendapatkan informasi, kita dari tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bekerja cepat turun ke lapangan membantu masyarakat di desa tersebut,” kata penjabat Bupati Barito Selatan, DR Deddy Winarwan di Buntok, Senin (14/08/2023).

 

 

Dijelaskannya, di desa ini dibangun penampungan air sementara dan disiapkan pompa air dari sungai yang masih ada airnya untuk menyuplai kebutuhan masyarakat desa. Sementara itu, Sekda Barito Selatan Edy Purwanto menceritakan, kekeringan yang terjadi di desa tersebut berdasarkan informasi dari Camat Dusun Selatan.

 

 

Sumur dan sungai milik warga Desa Murung Paken kini mengering. Terkait dengan langkah-langkah yang dilakukan untuk mengantisipasi sementara kebutuhan mandi, cuci, dan kakus masyarakat, pihaknya telah menyediakan penampungan air yang bersumber dari Sungai Barito.

 

 

Sebagai infromasi, Pihaknya melakukan rapat koordinasi ini untuk meminta informasi terkini dari para pimpinan kecamatan di 6 kecamatan tersebut untuk mengetahui apakah ada desa lain yang juga mengalami kekeringan. Jika ada desa lain yang terkena dampak kekeringan, kami akan segera turun tangan membantu meringankan beban masyarakat.

 

 

Penulis: Devi arp
Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *