Jalan 4 Kilometer Dibangun dengan Dana Kampung Wamusage

JAYAWIJAYA – Kepala Kampung Wamusage, Amos Hisage membangun infrastruktur jalan sepanjang 4 Kilometer dari Kampung Husewa ke Kampung Wamusage Distrik Walelagama Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan. Sabtu (12/08/2023). Menggunakan dana kampong, pembangunan dilakukan berdasarkan hasil muskam bersama Badan Musyawarah Kampung (BMK) serta semua tokoh dan masyarakat Kampung setempat.

 

“Kita semua sepakat untuk bangun jalan pakai dana Kampung dari Kampung Husewa ke Kampung Wamusage,” katanya.

 

Ia mengatakan, sejauh dalam pembangunan infrastruktur itu, anggaran yang dikeluarkan lebih dari Rp 1 miliar. Sedangkan pada tahun ini, untuk melanjutkan pembangunan jalan yang sudah dibongkar membutuhkan anggaran sebesar Rp 120 juta.

 

“Honor aparat dengan BMK dan untuk masyarakat dalam satu tahun anggaran itu satupun kita tidak bagi, semuanya habiskan untuk pembangunan jalan,” jelasnya.

 

Amos menjelaskan, pembangunan itu dilakukan berdasarkan Visi dan Misi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo agar pembangunan dimulai dari kampung ke kota. Itulah sebabnya Dana Kampung Wamusage dimanfatkan untuk pembangunan jalan.

 

“Kami bangun jalan sesuai permintaan masyarakat karena selama ini tidak ada akses jalan sehingga semua pelayanan tertinggal jauh sekali,” katanya.

 

Kepala Kampung Wamusage sebelumnya juga memanfaatkan dana kampung untuk berbagai macam pembangunan. Ia mengakui, Hal itu dilakukan berdasarkan kebutuhan masyarakat.

 

“Jadi tahun 2021 kebawah itu kami bangun ada 3 bidang penting sesuai kebutuhan masyarakat, kemudian tahun 2022 dan 2023 kami fokus bangun jalan,” ujarnya.

 

Pihaknya berharap kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Jayawijaya untuk memberikan dukungan sepenuhnya dalam penyelesaian pembangunan itu. Pasalnya jalan tersebut merupakan akses yang paling penting bagi masyarakat.

 

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *