Pemkab Jayapura Luncurkan Robusta Grime khas Masyarakat Yanbra

JAYAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura telah meluncurkan produk Kopi Robusta Grime khas Masyarakat Yanbra. Bertempat di Kampung Yanbra, Distrik Kemtuk, acara itu dihadiri Himpunan Perempuan Kreatif dan para pengusaha, Jumat (11/8/2023).

 

Sebelumnya, para petani setempat telah melaksanakan pembangunan rumah pengolahan kopi secara swadaya. Dibangunkanya rumah tersebut dalam rangka upaya memupuk kebersamaan diantara petani kopi.

 

Ketua Himpunan Perempuan Kreatif dan Pengusaha Papua (HPKP2) Kabupaten Jayapura, Ester Yoku mengatakan, petani kopi harus sejahtera. Selain itu pihaknya akan terus mendampingi para petani dalam meningkatkan kualitas pengolahan kopi.

 

“Dengan tanam kopi mereka harus menerima manfaatnya, karena itu kami lakukan pembinaan petani kopi di Kampung Yanbra,” ujarnya.

 

Ester mengemukakan, Pemkab Jayapura melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) telah membantu satu set mesin kopi. Oleh sebab itu, dengan fasilitas yang telah diberikan oleh pemerintah setempat, maka para petani harus mampu merawat dengan baik.

 

“Karena kami sudah di bantu Disperindag kami harus kerja untuk menyediakan tempat yang baik untuk menaruh mesin,” jelasnya.

 

Ia juga mendorong pemerintah dan aparat kampung untuk membuat sebuah program kerja yang mengarah pada wisata kampung kopi. Selain menunjang perekonomian warga, juga diharapkan semua orang yang berkunjung dapat merasakan kenikmatan kopi khas daerah tersebut.

 

“Hari ini kami bisa buktikan kami bersatu untuk kopi. Saya nanti arahkan warga untuk setiap rumah ada pohon kopi, baristanya ada, dan sudah siap sehingga semua orang bisa merasakan nikmatnya Kopi Robusta Grime,” pungkasnya.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *