Lahan Warga Desa Seluas 2,5 Hektar Hangus Terbakar

BALANGAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan Provinsi Kalimantan Selatan menyatakan kebakaran melanda lahan seluas 2,5 hektare. Lahan tersebut milik warga di Desa Tampang, Kecamatan Lampihong.

 

“Kita perkirakan lahan milik warga desa setempat yang terbakar kurang lebih 2,5 hektare,” kata Ketua TRC BPBD Balangan Kudratullah di Balangan, Sabtu (12/08/2023).

 

Namun, Kudratullah menjelaskan saat ini lahan yang terbakar milik penduduk sudah padam sekitar 99 persen, dan lahan gambut di bawahnya masih lembab. Ia melanjutkan petugas menggunakan mesin Alkon yang dimiliki oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Balangan dengan selang yang mencapai 140 meter untuk memadamkan api.

 

Masyarakat, personel TNI, Polri dan TRC BPBD Balangan berkolaborasi memadamkan api yang berasal dari masyarakat di Desa Tampang, Kecamatan Lampihong tersebut. Sementara itu, Kapolsek Lampihong Iptu Eko Budi Mulyono menyatakan pihaknya akan mengundang pemilik lahan untuk diinterogasi lebih rinci.

 

Menurut Eko, daerah tersebut berdasarkan pengalaman merupakan daerah rawa gambut yang mudah terbakar, terutama karena sudah tiga tahun tidak pernah terbakar. Jadi seperti bahan bakar, kemungkinan terbakarnya sangat tinggi.

 

Sebagai informasi, Kapolsek Lampihong menyatakan bahwa petugas telah mempersiapkan diri bersama dengan pihak desa setempat dua bulan yang lalu untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) karena lahan area tersebut sangat rentan terbakar. Terakhir, Kapolsek Lampihong mengungkapkan bahwa bagian bawah yang terbakar masih memiliki sumber air sehingga cukup aman, dan petugas juga memastikan titik api sudah tidak aktif.

 

 

Penulis: Devi arp
Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *