Enam Hektare Lahan Jambu Mete Terbakar

Karangasem – Sekitar enam hektare lahan jambu mete yang ada di Banjar Dinas Bantas, Desa Baturinggit, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali  terbakar. Lahan tersebut milik warga setempat dengan perkiraan luas 40 hektare.

 

“Lahan tersebut memang selama ini dimanfaatkan oleh warga sebagai kebun jambu mete dan saat ini enam hektare hangus terbakar. Namun, untuk kerugiannya belum diketahui secara pasti oleh pemiliknya,” kata Kanwil Banjar Bantas, I Gede Fery Adinata, Kamis (10/8/2023).

 

Ia menjelaskan, kebakaran tersebut diketahui pertama kali oleh warga sekitar yang kebetulan lewat di sekitar lahan jambu. Pada saat itu diketahui api sudah berkobar cukup tinggi hingga membuat warga panik karena dekat dengan kandang kambing.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Kabupaten Karangasem I Made Agus Budiyasa mengatakan kebakaran tersebut diduga disebabkan oleh seorang warga yang membakar sampah di dekat lokasi kejadian. Karena kondisi lahan yang kering dan angin berembus cukup kencang menyebabkan api merembet ke lahan jambu mete.

 

Ia menjelaskan, mendengar hal itu pihaknya langsung mengerahkan sebanyak 13 orang personel dengan empat unit armada Damkar. Namun, saat sampai di lokasi kejadian hanya dua armada yang bisa mencapai lokasi karena akses jalan yang lumayan sulit.

 

“Untuk saat ini api sudah berhasil kami padamkan dengan dibantu juga oleh masyarakat sekitar. Untuk memadamkan api tersebut kami menghabiskan sekitar 12 ribu liter air,” ujarnya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *