Site icon Kolom Desa

93 Desa di Pangandaran Berstatus Desa Mandiri

PANGANDARAN, – 93 desa di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat beralih status menjadi desa mandiri. Atas perolehan tersebut, Kabupaten Pangandaran meraih penghargaan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

 

“Sebelumnya tahun 2022 itu desa mandiri baru 36 desa, sisanya maju dan berkembang,” kata Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pangandaran Dedi Surachman, Sabtu (12/8/2023).

 

Dedi mengatakan untuk semua desa di Kabupaten Pangandaran ini berubah status menjadi desa mandiri. Sebelumnya dilihat dulu kesiapan indikatornya dari operator, pendamping desa dan kepala desa.

 

“Saat oke semua langsung melakukan input data beberapa indikator yang termasuk desa mandiri, karena kan desa belum mandiri tahun 2022 itu 57 desa lagi,” ujarnya.

 

Sebelumnya ujar Dedi, ada desa yang kadesnya sempat menolak dimandirikan karena dengan alasan mereka takut kehilangan dana desa karena disebut desa mandiri. Namun, pihaknya pada akhirnya memanggil si kades untuk mengkoordinasikan terkait hal tersebut.

 

“Nah kita panggil koordinasikan di dinas akhirnya semuanya oke, akhirnya saat pendataan dilihat dari Indeks Desa Membangun semua telah diverifikasi, hasilnya bagus. Alhamdulillah 2 bulan verifikasi, pada Juli 2023 sudah 100% upload berkasnya,” jelas Dedi.

 

Ia mengatakan setelah upload berkas data desa mandiri, diterima pihak Kemendes PDTT. Setelah itu, pihaknya langsung mendapatkan apresiasi.

 

“Alhamdulillah dapat apresiasi dari pemprov Jabar dan RK juga apresiasi beberapa waktu lalu. Yang sudah mandiri semua 57 desa itu nanti untuk alokasi tahun 2024,” katanya.

 

Penulis: Habib

Editor: Rizal Kurniawan

Exit mobile version