HUT RI, Kabupaten Merauke akan Gelar Dentuman Kandara

MERAUKE – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun 2023, Kabupaten Merauke akan menggelar sebuah perayaan. Kegiatan yang akan diselenggarakan itu bertajuk ‘Dentuman Kandara Orang Marind di Tanah Animha untuk Merajut Merah Putih’.

 

 

“Kita lagi rancang mau bikin dentuman Kandara orang Marind di tanah Animha ini untuk merajut Merah Putih,” kata Bupati Merauke Romanus Mbaraka, Rabu (9/8/2023).

 

Kegiatan yang digagas oleh Bupati setempat, bertujuan memperkenalkan dan melestarikan budaya Marind seusai Upacara Bendera 17 Agustus 2023. Dimana pihaknya akan mempersiapkan 3 jenis Sep besar yang dapat dinikmati bersama masyarakat.

 

“Setelah itu nanti makan bersama tapi juga kita siapkan nasi bungkus untuk masyarakat yang datang, kita datangkan masyarakat dari beberapa daerah interline kota, seperti dari Nasem, Imbuti, Ndalir, Yatom, Bahor, Nasai, Wendu, Urumb, Matara, Kuper, Masyarakat Kimaam, jadi ada 3 kelompok nanti sesudah upacara pengibaran bendera,” paparnya.

 

Ditargetkan sekitar 500 hingga 1.000 Kandara akan dimainkan dalam perayaan HUT kemerdekaan ke-78 kali ini. Hal tersebut merupakan awal rancangan yang digagas Bupati Romanus.

 

Bupati menambahkan, selain mempersiapkan agar perayaan tahun depan agar lebih baik, ia juga berharap semua Kandara bisa bunyi di seluruh kampung.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *