Bulan Cinta Laut, Aksi Bersih Pantai di Maluku

AMBON – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku akan menggelar aksi pembersihan pantai dan bawah air (beach and underwater cleanup). Kegiatan yang disebut Bulan Cinta Laut (BCL) itu, merupakan aksi menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023.

 

“Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program aksi Bulan Cinta Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan RI tahun ini,” kata Kepala DKP (Dinas Kelautan dan Perikanan) Maluku Iwan Asikin di Ambon, Kamis (10/8/2023).

 

Aksi tersebut di inisiasi oleh Pemerintah Daerah setempat yang bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Sehingga, dalam mempermudah pengambilan sampah, nantinya akan melibatkan 78 penyelam dari 27 pemangku kepentingan. .

 

Tidak hanya itu, aksi bersih pantai juga akan melibatkan 250 peserta dari masyarakat setempat. Pegawai DKP, Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Ambon, serta pelajar dan mahasiswa juga akan dilibatkan.

 

Iwan menjelaskan, Aksi Bulan Cinta Laut merupakan upaya untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga laut. Dalam kegiatan itu, masyarakat dan nelayan juga akan diberikan edukasi pengolahan sampah pesisir laut.

 

 

Diketahui bahwa kegiatan tersebut akan dilangsungkan pada pekan ini. Iwan berharap, dengan pengolahan sampah melalui penerapan ekonomi sirkular dapat mengantarkan pada implementasi ekonomi biru.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *