Warga Berjuang Naik Bukit Demi Dapat Air

NGAWIWarga Desa Kenongorejo, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur harus berjuang dan berjalan kaki sejauh 2 kilometer dengan naik bukit untuk mendapatkan air bersih. Hal ini disebabkan lantaran sumber air yang terletak di dekat tempat tinggal mereka sudah mengering dan nyaris tidak ada air.

 

Sawino, warga setempat mengatakan warga harus melewati hutan dan perbukitan untuk mencari air bersih. Tidak memandang siang maupun malam mereka tetap mengambil air baik untuk kebutuhan rumah tangga dan hewan ternaknya.

 

“Untuk kebutuhan masak dan minim. Tidak dapat di satu titik, ya cari lagi,” ujarnya, Rabu (9/8/2023).

 

Suwino mengaku, meski sudah berjalan beberapa kilometer dan mengambil di perbukitan, air yang mereka dapat tidak benar-benar bersih. Air masih keruh namun mereka tidak punya pilihan lain selain mengambil air tersebut.

 

Sementara itu, warga setempat Sumadi mengatakan saat ini salah satu sungai dekat bukit daerah tersebut masih terdapat satu sumber air. Sumber air tersebut merupakan satu-satunya yang bisa mereka manfaatkan.

 

“Ini dibagi dengan warga yang lain. Makanya tidak bisa ambil banyak. Lubang sungai seperti ini ada di beberapa titik tapi ini sudah kering, tinggal yang di sini saja,” kata Sumadi.

 

Menurutnya, saat ini belum ada bantuan air bersih untuk mereka. Mereka berharap pemerintah segera ambil tindakan agar warga tidak lagi kesulitan mendapatkan air.

 

Diketahui, kondisi serupa juga dialami warga desa lain yakni Desa Gandong, Suruh, dan Desa Bringin.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *