Desa Batuagung Terpilih Ikuti Lomba Desa Bebas Narkoba

JembranaDesa Batuagung, Kecamatan Jembrana, Bali terpilih untuk mengikuti lomba desa bebas narkoba yang diselenggarakan oleh Polres Jembrana. Terpilihnya Desa Batuagung mengikuti lomba tersebut usai melihat data dari tahun 2022 sampai 2023 angka kasus narkotika di Desa Batuagung mencapai 5 kasus.

 

“Kita di desa rencanakanya membuat tim. Tim tersebut yang meliputi, kepala desa, kelian banjar yang akan diberi pengarahan oleh Polres Jembrana terkait narkoba,” kata Perbekel Batuagung I Nyoman Sudarma, Rabu (9/8/2023).

 

Ia mengatakan, tujuan diadakannya lomba tersebut untuk membasmi adanya bibit-bibit pengguna narkoba untuk menyelamatkan generasi muda yang ada di Desa Batuagung.  untuk mensosialisasikan kepada masyarakat, pihaknya nantinya akan memasang sepanduk lomba bebas narkoba disepanjang jalan Desa Batuagung.

 

“Nanti juga akan ada test urine. Yang mengikuti test urine pertama dari aparat desa dan juga masyarakat. Lomba tersebut akan dimulai hari ini yang diawali dengan pemasangan sepanduk,” terangnya.

 

Sementara itu, Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana saat dikonfirmasi mengatakan, penunjukan Desa Batuagung untuk mengikuti lomba Desa Bebas dari Narkoba dilihat berdasarkan data dari Polres ada beberapa warga yang tersandung kasus narkoba.

 

“Terkait hal tersebut, kita akan melakukan upaya-upaya pencegahan, melalui sosialisasi penyuluhan bahaya narkoba sampai ketingkat-tingkat banjar dengan menggandeng seluruh stake holder,” katanya.

 

Ia juga mengatakan, lomba tersebut dilakukan selama 2 bulan, semua kegiatannya dinilai langsung oleh Polda Bali. Dalam kegiatan perlombaan tersebut salah satunya dilakukan pengecekan tes urine untuk warga disana.

 

“Kalau pun ada, kalau kita dikasi, kita lakukan pecegahan mungkin tidak semata-mata upaya penegakan hukum, tetapi juga pembinaan, mungkin ada rehabilitasi kalau memang diperlukan. Dalam hal ini kami juga bekerjasama dengan Lembaga pemerhati narkoba dari Denpasar,” pugkasnya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *