5 Kelurahan di Makassar Diberi Literasi Digital

MAKASSAR – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berupaya meningkatkan penyebaran literasi digital sampai dengan akar rumput. Pasalnya pemahaman hidup dengan teknologi digital di Indonesia hingga kini masih belum merata yang dikhawatirkan akan menyebabkan Indonesia menjadi negara yang tertinggal.

 

“Indonesia saat ini menempati peringkat ke-56 dari 63 negara yang dilakukan survei. Ini memang agak terbelakang, tapi kalau kita lihat dari ITU (International Telecommunication Union) kita dari 115 sekarang sudah menempati peringkat 111,” ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo RI, Samuel Abrijani Pagerapan, Rabu (9/8/2023).

 

Ia menyebut bahwa teknologi informasi telah memberi banyak kemajuan bagi kehidupan manusia. Terlebih semakin meningkatnya pemanfaatan komputer dan internet dalam membantu memudahkan berbagai pekerjaan dan aktivitas sehari-hari.

 

Untuk mencegah kemungkinan ketertinggalan tersebut, Kominfo bersama Siberkreasi menyelenggarakan acara Gali Ilmu Literasi Digital bersama warga Lorong Wisata di sejumlah daerah di Makassar. Kegiatan ini mengangkat tema Antisipasi Hoaks dan Perlindungan Data Pribadi dan digelar serentak di Kelurahan Maradekaya, Kelurahan Parantambung, Kelurahan Maccini Sombala, Barombong dan Kelurahan Bonto Duri di dua kecamatan yaitu Kecamatan Makassar dan Kecamatan Tamalate.

 

Isu antisipasi hoaks dan perlindungan data pribadi penting dibahas karena hingga kini masih menjadi salah satu tindak kejahatan siber terbesar di Indonesia. Dari kasus yang ada, para korbannya merupakan masyarakat yang belum paham akan pemanfaatan dunia digital.

 

“Tak sedikit pula berisi informasi negatif, contohnya penyebaran berita bohong, radikalisme, ujaran kebencian, dan penipuan. Diperlukan kebijakan dan kemampuan dari setiap pengguna gawai dalam mengendalikan informasi yang mereka dapat di jaringan internet,” tutupnya.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *