Pertanian Jadi Prioritas Utama Pembangunan Desa Purwodadi

PURWOREJO – Pemerintah Desa Purwodadi, Kecamatan Purwodai, Kabupaten Purworejo memprioritaskan sektor pertanian dalam pembangunan desa. Di sektor ini, padi menjadi mayoritas atau dominan dengan uas lahannya sekitar 124 hektare yang tersebar di Dusun Parelegi, Jatisari, Krajan dan Karangrejo.

 

“Sektor pertanian di tahun ini tetap menjadi prioritas pembangunan, terutama sarana dan prasarana (sarpras) pendukung. Mayoritas penduduk di desa kami bekerja sebagai petani dan buruh tani,” kata Kades Purwodadi Mulyono, Senin (7/8/2023).

 

Mulyono mengatakan tahun ini peningkatan sarpras pendukung sektor pertanian tetap menjadi prioritas utama. Di antaranya berupa pembangunan turap di Dusun Jatisari dan Parelegi. Masing-masing panjang 150 meter dan 600 meter dengan tinggi yang sama hanya satu meter.

 

“Pekerjaan fisik pembangunannya sudah terealisasi, anggaran dananya dari bantuan pemerintah daerah,” ujarnya.

 

Selain itu, ia mengatakan terdapat normalisasi saluran irigasi di Dusun Parelegi, untuk permukaan salurannya digali hingga 30 centimeter. Kemudian di dinding salurannya dibangun fondasi cor beton sepanjang 300 meter dengan tinggi dan lebarnya masing-masing 40 centimeter.

 

“Realisasinya September mendatang, tahun ini juga dan untuk anggarannya dari Dana Desa (DD),” imbuhnya.

 

Mulyono menambahkan, pekerjaan fisik pembangunan sarpras di tahun ini juga ada rehab ruang kelas dan sekolah TK di Dusun Krajan, pembangunan gedung PAUD di Dusun Parelegi, penutupan jalan cor menuju makam di Dusun Karangrejo. Serta pagar TPST di Dusun Parelegi, gedung bank sampah di Dusun Jatisari.

 

“Peningkatan sarpras pendukung sektor pertanian ini, juga yang lainnya merupakan usulan Musrenbangdes di tahun 2022 kemarin. Untuk realisasinya di tahun sekarang,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *