Festival Makan Papeda Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat

JAYAPURA – Masyarakat Kampung Abar, Distrik Ebungfau, Kabupaten Jayapura akan menggelar Festival Makan Papeda di Gerabah. Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat desa tersebut.

 

“Kami harap ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata Kepala Kampung Abar Yonas Doyapo, Minggu (6/8/2023).

 

Ia menyatakan, festival tersebut telah di mulai sejak 2017. Namun sebelumnya tertunda karena pandemi Covid-19 dan Banjir Bandang.

 

Festival yang rencananya akan di laksanakan pada 30 September 2023 itu, pihaknya sangat antusias. Selain makan papeda, juga akan memamerkan hasil-hasil kerajinan tangan.

 

Di samping itu, Ketua Panitia, Yesaya Felle menyatakan ada ratusan gerabah yang sudah disiapkan untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Selain itu, masyarakat juga akan membangun dapur-dapur umum untuk membuat papeda.

 

“Pestanya pada 30 September 2023, tapi di 28-29 September, ada kegiatan hasil kerajinan akan di jual dari kelompok ibu-ibu. Penjualan hasil kerajinan gerabah selain sempe, tempat pembakaran sagu yang sudah di siapkan,” ujarnya.

 

Yesaya menyampaikan untuk mensukseskan acara tersebut dibutuhkan dukungan dari pemerintah kampung. Panitia festival nantinya mengajak seluruh masyarakat dan wisatawan yang hadir untuk menyantap papeda yang disajikan dalam gerabah.

 

Sebagai informasi, Kampung Abar terkenal sebagai tempatnya perajin gerabah di Papua. Kampung Abar terletak di tepi Danau Sentani, tidak jauh dari Bandara Sentani, Jayapura, Papua.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *