Cara Unik Petani di Lumajang Kendalikan Hama

LUMAJANG – Para petani di Desa Kedungrejo, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang memiliki cara unik dalam mengendalikan serangan hama. Salah satunya dengan menanam bunga marigold di sekitar area tanaman sayuran.

 

“Bunga marigold kita tanam di sini untuk mengendalikan hama di sekitar sayuran. Selain itu, penggunaan teknologi refugia ini juga bisa mengurangi penggunaan pestisida hingga 40 persen,” kata salah satu petani setempat Heru Afandi, Senin (7/8/2023).

 

Heru mengatakan bunga marigold tidak hanya dikenal sebagai hiasan semata, tanaman ini dapat mengendalikan serangan hama belalang, wereng, kutu serta trips yang bisa merusak tanaman pertanian. Ia mengaku, pemanfaatan tanaman marigold untuk mencegah serangan hama ini disebut dengan istilah teknologi refugia.

 

“Para petani mengaku penggunaan teknologi refugia ini juga bisa mengurangi penggunaan pestisida hingga 40 persen sehingga bisa menghemat pengeluaran para petani,” ujarnya.

 

Sementara Darmawan, petani Desa Kedungrejo menjelaskan cara kerja teknologi refugia ini sebagai pengalihan serangan hama yang awalnya hendak ke tanaman budidaya teralihkan ke tanaman bunga marigold. Semakin banyak serangga yang terkumpul akan mengundang serangga predator seperti kumbang, lebah datang dan memakan serangga hama wereng, kutu serta trips.

 

Ia mangaku para petani sudah menggunakan teknologi refugia ini sejak tahun 2020 lalu. Tak heran, tanaman para petani berupa sayuran pakcoy, brokoli, bawang pre, kacang panjang, tomat, padi dapat tumbuh subur di desa ini.

 

“Produktivitas pertanian juga meningkat dengan penggunaan teknologi refugia ini,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *