Pemkot Denpasar Bangkitkan Pesona Wisata Desa Kertalangu dan Serangan

Bali – Pemerintah Kota (Pemko) Denpasar, Bali, terus membangkitkan pesona wisata Desa Budaya Kertalangu dan Desa Serangan. Kali ini pihaknya berkolaborasi dengan pengelola, pemerintah desa, dan pihak terkait lainnya.

 

“Saat ini, selain kawasan Pantai Sanur, Kota Denpasar juga tengah mengembangkan potensi kedua desa wisata tersebut (Kertalangu dan Serangan-red),” kata Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar I Gusti Laxmy Saraswati, Kamis (3/8/2023).

 

Menurutnya, Desa Budaya Kartalangu sendiri berlokasi dekat dengan area persawahan, sehingga memiliki spot yang menarik untuk disodorkan ke wisatawan baik sebagai edukasi maupun wisata alam. Sementara itu Desa Serangan, lokasinya berada di selatan pusat Kota Denpasar, memiliki potensi sejarah bernilai tinggi serta menawarkan keragaman bahari yang berpotensi menyedot wisatawan berkunjung ke sana.

 

“Keberadaan keduanya sebagai potensi wisata baru di Kota Denpasar, bahkan telah berhasil mendapat pengakuan dan apresiasi di tingkat nasional pada tahun 2023 ini,” ucapnya.

 

Ia menjelaskan, Desa Budaya Kertalangu berada di bawah naungan BUMDesa Kerta Sari Utama. Pada Februari 2023 lalu, BUMDesa tersebut berhasil meraih penghargaan Nasional dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) sebagai BUMDesa Inspiratif, kategori Unik dan Inovatif.

 

Sementara Desa Wisata Serangan, pada Mei 2023 lalu dinobatkan masuk dalam peringkat 75 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), dan memiliki pesaing sekitar 4.000-an desa wisata di seluruh Indonesia.

 

Laxmy menambahkan, pihaknya juga akan membangkitkan pesona Pulau Serangan melalui The Wonder Sireangen dan pengembangan Kampung Kuliner Seafood Serangan.

 

“Hal ini dilakukan guna memberikan pendampingan kepada UMKM kuliner seafood di Serangan agar produk yang dihasilkan oleh mereka betul-betul memiliki nilai jual dan kualitas yang tinggi,” Pugkasnya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *