Bulan Timbang Jadi Cara Deteksi Stunting di Lumajang

LUMAJANG, – Pemerintah Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur terus melakukan berbagai upaya untuk menekan angka stunting. Salah satunya dengan melakukan ‘Bulan Timbang’ secara serentak di Kantor Kelurahan Tompokersan, Kecamatan Lumajang.

 

“Hari ini sebanyak 630 balita dengn total ada 26 Posyandu dari 29 RW berkumpul disini untuk melakukan bulan timbang serentak,” kata Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, Sabtu (6/7/2023).

 

Wabup yang akrab disapa Bunda Indah ini menegaskan, penimbangan menjadi langkah awal untuk mendeteksi dini pertumbuhan dan perkembangan anak. Misalnya berat badan dan tinggi badan anak yang itu menjadi salah satu indikator acuan stunting.

 

“Bulan timbang serentak ini penting, sebab salah satu berat badan dan tinggi badan menjadi indikator acuan stunting,” tegasnya.

 

Pihaknya hingga saat ini tengah melakukan akselerasi pergerakan penurunan angka stunting melalui program ‘Cukup Dua Telur untuk Turunkan Stunting’. Bunda Indah juga berharap, tahun ini target capaian penurunan angka stunting dapat melebihi tahun sebelumnya yang tercatat 6,3 persen.

 

“Kita juga sudah mulai bergerak untuk penurunan angka stunting seperti tahun kemarin berada di angka 6,3 persen. Saya harap tahun ini bisa di atas tujuh persen,” tandasnya.

 

Diketahui, berdasarkan hasil Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022, angka stunting Kabupaten Lumajang tercatat 23,8 persen. Jumlah itu turun 6,3 persen dari angka 30,1 persen di tahun 2021.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *