Desa Wisata Batulayang Bogor Diakui Terbaik di Dunia

BOGOR – Desa Wisata Batulayang merupakan salah satu desa wisata terbaik yang diakui oleh dunia. Tempat wisata itu berlokasi di Jalan Sultan Hasanuddin, Desa Batu Layang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, berhasil meraih penghargaan Best Tourism Village.

 

“Juli 2023 kemarin kami mendapatkan kabar baik bahwa Desa Wisata Batulayang menjadi satu-satunya dari Jawa Barat maju di ajang tersebut,” ujar Ade Rusmana, dikutip dari situs Pemkab Bogor, Sabtu (5/8/2023).

 

Dalam ajang tersebut, penghargaan berhasil diraih dari United World Tourism Organization. Desa Batulayang berhasil memperoleh delapan besar terbaik tingkat internasional.

 

Untuk diketahui, desa wisata ini merupakan salah satu kawasan desa wisata asri yang dianugerahi berbagai objek pemandangan dan wisata alam. Di sampin itu, suhu udara di Desa Batulayang sendiri terbilang sejuk antara 18-24 derajat celcius.

 

Hal tersebut bisa dirasakan pengunjung karena desa itu berbatasan dengan kawasan hutan lindung. Karena itu pula, terdapat beberapa objek wisata alam di kawasan ini, seperti Curug Kembar dan Curug Asmarandana.

 

Di luar itu, pengunjung juga bisa merasakan wisata edukasi di Desa Batulayang. Edukasi dimaksud meliputi kerajinan masyarakat yang bisa dilihat secara langsung oleh para wisatawan.

 

Selain itu di dalam desa tersebut terdapat eduwisata di sektor pertanian, Lalu mempunyai seni budaya yang mengangkat kearifan lokal. Contoh kesenian dengan adanya angklung dan jaipong yang dipakai untuk menyambut wisatawan.

 

Hal yang membuat desa wisata ini begitu menarik yaitu fasilitas wisata yang begitu lengkap. Terdapat homestay dan pondokan wisata. Untuk outdoor, ada camping ground ditambah sarana outbound.

 

Di luar itu, Desa Wisata Batulayang memiliki fasilitas seperti pemandian, parkir, musala, kamar mandi umum, tempat kuliner, selfie dan spot foto area, kios souvenir, dan lainnya.

 

Penulis: Ilham W

Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *