Tunjukkan Kemajuan, Desa Rumbuk Timur Masuk 10 Terbaik DGIP

LOMBOK TIMUR – Komisi Informasi (KI) Provinsi NTB telah menetapkan 10 (sepuluh) Desa di NTB sebagai nominasi terbaik ajang Desa Gemilang Informasi Publik (DGIP) tahun 2023. Salah satu desa yang masuk nominasi adalah Desa Rumbuk Timur, yang menunjukkan kemajuan cukup pesat karena telah menjelma menjadi desa berkembang hanya dalam kurun waktu 13 tahun.

 

“Nah, ketika masyarakat membutuhkan informasi terkait apapun itu, di kantor desa sudah disiapkan lembaga yang khusus membidangi itu, yakni Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID),” ujar Sekretaris Desa (Sekdes) Rumbuk Timur Muhammad Riadi, Rabu (2/8/2023).

 

Atas capaian itu, Muhammad Riadi mengutarakan bahwa keterbukaan informasi publik merupakan hak setiap warga masyarakat. Atas dasar itu, maka dibutuhkan akses informasi bagi masyarakat untuk mengetahui setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah desa.

 

Ketika disinggung kesan tim penilai dari Komisi Informasi Provinsi, Riadi mengungkapkan bahwa tim penilai cukup terkesan dengan salah satu fitur yang ada di website desa, yakni fitur ‘Lapak Desa’. Fitur tersebut menjadi menarik lantaran tidak dimiliki oleh desa lain.

 

Ia menjelaskan, pada fitur tersebut pihak PPID desa memasukkan produk-produk UMKM yang ada di wilayah desa tersebut, berupa gambar produk, nama pemilik, dan nomor HP pemilik produk. Harapannya dengan mencantumkan informasi tersebut akan memudahkan transaksi.

 

“Nah ketika orang meng-klik beli sekarang di website desa itu, maka dia akan terhubung langsung ke nomor WhatsApp pemilik usaha. Jadi kita di PPID hanya sebagai jembatan atara penjual dengan pembeli,” jelasnya.

 

Terkait hasil verifikasi yang telah dilaksanakan oleh tim penilai, ia tak mau memasang target yang muluk-muluk. Baginya yang terpenting adalah usaha maksimal yang telah dilakukan Pemdes Rumbuk Timur dalam mengikuti lomba tersebut.

“Yang penting kita sudah maksimal. Kalo masalah hasil kita serahkan ke tim penilai saja. Tetapi tentu kita tetap optimis menjadi yang terbaik,” pungkasnya.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *