Site icon Kolom Desa

Tanam Padi Serentak Desa Krencek Upaya Putus Serangan Hama Tikus

KLATEN – Menanam padi serentak dilakukan oleh sejumlah petani di Desa Krecek, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten. Upaya itu dilakukan sebagai langkah memutus rantai serangan hama tikus yang rutin terjadi di lahan yang mereka kelola.

 

“Untuk memutus serangan hama tikus juga. Kebetulan irigasi juga lancar sehingga mendukung kami (petani) untuk menanam padi,” kata petani, Rabu (2/8/2023).

 

Para petani di desa itu menyebutkan, kegiatan tanam serentak itu dilakukan karena sebelumnya mereka panen hampir dengan waktu bersamaan. Sehigga, beberapa petani akhirnya memutuskan melakukan penanaman serentak.

 

Hanya saja, akibat pola tanam serentak itu tidak sedikit pemilik lahan merasa kesulitan mencari tenaga buruh. Sehingga gerakan tanam serentak itu hanya dilakukan oleh petani yang lahanya sebelah barat jalan lingkar Delanggu.

 

Di tempat terpisah, Kepala Desa Krecek, Kukuh Harsana, menyatakan tanam serentak di wilayahnya sebagai salah satu upaya memutus rantai serangan hama tikus. Terutama lahan pertanian yang berbatasan dengan wilayah Desa Mendak.

 

Selain itu, para petani juga melaksanakan bersih saluran irigasi dan pinggir jalan. Mereka berupaya membersihkan tempat yang memungkinkan menjadi tempat berkembang biak tikus.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Dan

Exit mobile version