Pijay Sukses Percepat Pencairan BLT Tahap III

Aceh Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya (Pijay) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DMPG) memastikan Pijay sebagai kabupaten tercepat dalam realisasi pencairan Dana Desa (DD). Pencairan tersebut adalah Bantuan Langsung Tunai Dana Desa  (BLT-DD) Reguler hingga tahap III tahun 2023.

 

Wakil Bupati Pijay Dr H Said Mulyadi bersama Kepala DPMG Pijay Hasbi mengatakan, dari progres penyaluran  dana desa tahun 2023 Provinsi Aceh, tercatat Kabupaten Pijay berada diurutan pertama dari 23 kabupaten/kota lain.

 

“Secara keseluruhan alokasi DD Pijay tahun 2023 mencapai Rp 163.021.845.000 untuk 222 gampong yang tersebar di 8 kecamatan hingga tahap ke III telah direalisasikan hingga 97,40 persen,” kata Wakil Bupati Pijay Dr Said Mulyadi SE MSi Rabu (2/8/2023).

 

Mulyadi menjelaskan, penyaluran DD dan  BLT- DD hingga triwulan ke III juga telah mencapai 97, 40 persen yang telah tersalurkan ke 222 gampong yang tersebar di delapan kecamatan.

 

Ia mengatakan secara keseluruhan DD dan BLT-DD tahun 2023 hingga saat ini telah disalurkan sebesar Rp 158.788.245.000 atau setara 97,40  persen. Sementara sisanya 2,60  persen atau Rp4.212.567.970 akan disalurkan pada tahap terakhir atau triwulan ke IV yaitu Oktober, November dan Desember.

 

“Kami prediksikan hingga akhir tahun penyaluran alokasi kedua dana tersebut bisa tepat waktu,” jelasnya.

 

Menurutnya, cepatnya realisasi pencairan DD dan BLT tersebut tidak lepas dari kerja sama semua pihak yang ada di Kabupaten Pijay.

 

“Ini semua berkat kontribusi  semua pihak, sehingga Pidie Jaya dalam tiga tahun terakhir secara berturut-turut meraih kinerja terbaik dalam penyaluran DD dan BLT DD dengan baik dan tercepat,” ujarnya.

 

Terpisah, Hasbi mengatakan pihaknya akan terus berkomitmen memberikan pelayanan maksimal dalam penyaluran  dana desa, sehingga pemberdayaan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai dengan baik dan maksimal.

 

“Ini semata-mata demi pencapaian kemakmuran secara merata bagi masyarakat di pedesaan atau gampong,” ungkapnya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *