Informan Wisata Pantai Desa Amahusu Telah Disiapkan

MALUKU, – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Maluku sedang menyiapkan informan destinasi wisata untuk turis yang akan berkunjung ke Pantai Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniw, Kota Ambon. Hal itu dimaksudkan demi mempromosikan destinasi wisata pada momentum Sail to Indonesia pada 4 Agustus 2023 mendatang.

 

“Dispar Maluku sendiri berperan hadir untuk menjamu para pelayar yang akan menyinggahi Amahusu dan membuat stan pariwisata sebagai tempat informan bagi para wisatawan. Sekaligus memperkenalkan destinasi wisata yang ada di Maluku,” kata Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dispar Maluku Marisca Kakialtu, Senin (31/7/2023).

 

Marisca mengatakan, pada Agustus 2023 ini para turis mancanegara akan berdatangan ke Kota Ambon dengan metode menggunakan kapal layar yang berpusat di Desa Amahusu. Dalam kunjungan sail turis ini akan dilakukan tiga kali pelayaran yang menyinggahi tempat tersebut.

 

“Dari tiga kali pelayaran tersebut, pertama adalah Sail Odisel yang sudah berlangsung sejak 30 Juli 2013 hingga 2 Agustus 2023 sebanyak 15 kapal,” ujarnya.

 

Selanjutnya, kata Marisca, disusul Sail to Indonesia pada 4-6 Agustus 2023 dengan 45 kapal layar. Kemudian akan dilanjutkan dengan Sail Darwin Ambon yang dperkirakan akan tiba di Desa Amahusu pada 7 Agustus 2023 dengan 20 kapal.

 

“Untuk ketiga sail ini memang sudah ada semacam komunitas maupun event organizer yang menangani. Kami dari pihak Dispar Maluku sifatnya sesuai dengan arahan pimpinan adalah mendukung setiap kegiatan yang ada,” tuturnya.

 

Dirinya mengaku, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Amahusu untuk menyiapkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di samping memperkenalkan budaya serta sejarah pada turis-turis tersebut. Meskipun ada beberapa turis yang berulang kali ke Ambon.

 

“Tapi pasti ya ada juga yang baru pertama kali. Jadi kesan sebagai tuan rumah yang baik itu selalu kita kedepankan supaya ketika keluar Maluku tetap dikenang,” imbuhnya.

 

Marisca juga berharap, kegiatan tersebut terdapat poin-poin penting terhadap daerah-daerah singgahannya. Tentunya, Ambon menjadi salah satu lokus yang memberikan kenyamanan dan menawarkan sesuatu yang baru untuk wisatawan.

 

“Sehingga untuk tahun depan kunjungan wisatawan bisa lebih baik meningkat. Dan mereka juga dapat memviralkan sesuatu yang baik dari Maluku khususnya Kota Ambon,” tandasnya.

 

Penulis: Habib

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *