Cegah Stunting, Pemprov Maluku Kukuhkan Duta GenRe Tingkat Desa

AMBONPemerintah Provinsi Maluku karena dirinya telah mengukuhkan 210 pasang Duta GenRe Desa/Kelurahan (baik secara offline maupun online). Pengukuhan itu sebagai komitmen tinggi Pemerintah Provinsi Maluku untuk menyelesaikan pembentukan Duta Genre tingkat desa/kelurahan dalam rangka pencegahan stunting.

 

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan pada hari ini karena hal ini menunjukkan komitmen Pemerintah Provinsi Maluku dalam upaya percepatan penurunan stunting dari hulu dengan menyasar para remaja sebagaimana diatur dalam Peraturan BKKBN Nomor 12 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Angka Stunting Tahun 2021 – 2024, (pasal 3 poin a dan b) disebutkan bahwa Remaja dan Catin merupakan sasaran upaya pencegahan stunting,” ulas Deputi Bidang KSPK BKKBN, Nopian Ansdusti, Senin (31/7/2023).

 

Berdasarkan data rekapitulasi pertanggal 20 Juli 2023, Duta GenRe Desa/Kelurahan di Provinsi Maluku baru terbentuk 314 pasang Duta GenRe Desa/Kelurahan dari target 1.234 pasang atau baru mencapai 25.45 persen.

 

Harapannya Duta Genre tingkat desa/kelurahan di Provinsi Maluku dapat segera mencapai target 100%.

 

“Keberadaan Duta Genre Tingkat Desa/Kelurahan sangatlah penting. Pada Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional ke 30 tanggal 6 Juli tahun 2023 di Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan, telah dilaksanakan deklarasi ‘Remaja Gotong Royong” yaitu integrasi dari Duta GenRe, Duta Pancasila Paskibraka Indonesia dan 6 Duta Damai Anti Terorisme,” ungkapnya.

 

Dikatakan Nopian, Duta GenRe Desa/Kelurahan yang telah dikukuhkan dapat menjadi role model bagi teman sebayanya dan dapat memberikan informasi dan edukasi kepada remaja disekitarnya dalam mencegah terjadinya pernikahan dini, sek pra nikah, penyalahgunaan napza dan narkotika dan terorisme.

 

Termasuk juga mensosialisasikan pentingnya pencegahan stunting dari hulu dalam membangun Sumber Daya Manusia yang Berkualitas.

 

Duta Genre desa/kelurahan juga diharapkan dapat menjadi jembatan pemerintah dalam mensosialiasikan berbagai program pemerintah dengan cara melakukan kolaborasi dengan organisasi/lembaga kepemudaan yang ada di wilayahnya.

 

Tentu saja dengan arahan dan bimbingan dari Kepala Desa atau Lurah di wilayah masing-masing.

 

“Semoga dapat menjalankan amanah mulia ini dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

 

Untuk diketahui, Duta generasi berencana (GenRe) Desa/Kelurahan di Kota Ambon dikukuhkan oleh Deputi Bidang Keluarga Sejahtera Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN, Nopian Ansdusti, SE. MT secara virtual, pada momen syukuran Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 30 tahun 2023 tingkat Provinsi Maluku.

 

Penulis: Ulfa
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *