Warga Minta Pemdes Sentul Lumajang Segera Selesaikan LPJ DD

LUMAJANG – Pemerintah Desa (Pemdes) Sentul, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang di duga menyelewengkan Dana Desa (DD). Warga meminta agar Pemdes segera menyelesaikan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Dana Desa yang sudah dipergunakan sejak tahun 2022 – 2023.

 

“Perkara di Desa Sentul ini sangat komplek, misalnya sakit stroke yang diderita oleh Kepala Desa (Kades) Sentul, Subur, yang belum juga ditindaklanjuti oleh pihak Pemerintah Kabupaten Lumajang,” kata Anggota Forum Komunikasi Desa Sentul, Zamroni kepada media ini, Minggu (30/7/2023).

 

Selain itu, menurut Roni, ada juga persoalan dengan pemberhentian Sekretaris Desa (Sekdes) Sentul, yang penuh kontroversi. Sampai ada juga persoalan realisasi Anggaran Dana Desa yang digelontorkan dan diubah tanpa adanya Musyawarah Desa (Musdes).

 

“Ternyata muncul lagi permasalahan baru, yaitu terkait pekerjaan proyek drainase / gorong-gorong yang tanpa adanya transparansi kepada masyarakat dan perubahan kegiatan pada pekerjaan tersebut,” ungkapnya lagi.

 

Roni menambahkan, Yaitu pada pembangunan Rabat yang ada Dusun Sumber, Dusun Krajan dan Dusun Wangkit. Proyek itu diketahui senilai Rp 93 juta, namun tidak diketahui kepastiannya.

Akibatnya proyek itu sempat mangkrak hingga berbulan-bulan lamanya. Sedangkan Wakil Kades Sentul, Anam mengatakan jika semua itu sudah dikerjakan bahkan sudah ada Musdesnya.

 

“Proyek itu sudah dijalankan semua dan selesai, dan Musdes juga sudah kita laksanakan, kolam ikan sudah kita pindah di lokasi Balai Desa Sentul,” jawab Anam waktu itu.

 

Dari informasi yang diperoleh, Kades Sentul, Subur, sudah dimintakan pemeriksaan terkait kesehatannya, akibat sakit yang dideritanya. Hal ini diinisiasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sentul agar tercipta situasi yang kondusif dan pelayanan dapat berjalan dengan semestinya.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *