PLN Programkan Aliran Listrik 24 Jam Untuk Dua Desa di Kubu Raya

KUBU RAYA – Dua desa di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, yaitu Desa Tanjung Saleh dan Sepok Laut, yang sebelumnya hanya menikmati listrik dari PLN selama 12 jam dalam sehari, kini telah berhasil mendapatkan pasokan listrik selama 24 jam. Hal ini memberikan dampak positif bagi kehidupan sehari-hari masyarakat.

 

 

“Dengan adanya program dediselisasi di Desa Tanjung Saleh dan Sepok Laut ini kami berharap dapat meningkatkan kesejahteraan serta kualitas hidup masyarakat di kawasan tersebut,” ujar General Manager PLN UID Kalbar, Wahyu Jatmiko di Pontianak, Kamis (27/07/2023).

 

 

Untuk mewujudkan pasokan listrik selama 24 jam, pembangunan dan perluasan jaringan listrik tegangan menengah telah dilakukan di Desa Sepok Laut, dengan total panjang sirkuit sebesar 11,81 kilometer, termasuk kabel sungai selama 0,6 kilometer, jaringan listrik tegangan rendah selama 0,72 kilometer, dan pembangunan 1 unit gardu distribusi berkapasitas 50 kVA.

 

 

Sementara di Desa Tanjung Saleh dibangun jaringan listrik tegangan menengah sepanjang 4,33 kms, dengan total keseluruhan investasi sebesar Rp9,9 miliar. Diharapkan agar masyarakat juga berperan serta dalam menjaga aset-aset kelistrikan yang telah dibangun, termasuk dengan memberikan izin bagi petugas untuk melakukan pemangkasan pohon atau tanam-tumbuh yang berada dekat dengan jaringan listrik, sehingga proses penyaluran energi listrik dapat berjalan dengan lancar dan aman.

 

Warga Desa Tanjung Saleh, seperti Hamdiah, merasa bahagia dan bangga karena kini mereka bisa menikmati listrik PLN selama 24 jam. Menikmati listrik 24 jam merupakan impian kami sejak lama. Alhamdulillah, PLN telah mewujudkannya. Ini menjadi kado istimewa jelang perayaan HUT ke-78 kemerdekaan RI.

 

 

Sebagai informasi, Kepala Desa Tanjung Saleh, Syarif Muksin Alhinduan, juga menyampaikan rasa terima kasih kepada PLN karena telah mewujudkan pasokan listrik 24 jam di desa mereka. Dengan adanya listrik selama 24 jam, pelayanan pemerintahan desa dapat ditingkatkan, dan pendapatan masyarakat desa terutama dari sektor perikanan dan usaha kecil dapat meningkat.

 

 

Penulis : Devi arp
Editor : Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *